Sukses

Seperti Ini Manuver Jet Tempur Rusia dalam Kondisi 'Siap Perang'

Video aksi memukau jet tempur Rusia diunggah setelah Putin memerintahkan Angkatan Udara Negeri Beruang Merah untuk lebih bersiap.

Liputan6.com, Moskow - Sebuah video yang diunggah oleh Kementerian Pertahanan Rusia memperilhatkan aksi jet yang menakjubkan.

Mirip seperti adegan dramatis dalam film action, video berdurasi 34 detik itu memperlihatkan sejumlah aksi mengesankan, salah satunya saat beberapa pesawat jenis Sukhoi Su-25 terbang berdekatan dalam ketinggian rendah di atas lanskap bersalju.

Dalam video tersebut juga diperlihatkan aksi pesawat menembakkan sejumlah rudal ke target di bawahnya.

Rekaman tersebut diunggah setelah Putin memerintahkan Angkatan Udara Rusia untuk lebih 'siap perang'. 

Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu, mengatakan bahwa latihan tersebut bertujuan untuk menilai kesiapan angkatan udara dan kemampuannya untuk menangkis serangan musuh.

Shoigu mengatakan kepada para pejabat militer Rusia bahwa latihan akan ditekankan pada penyebaran sistem pertahanan udara.

Dikutip dari Daily Mail, Jumat (10/2/2017), kegiatan terbaru tersebut merupakan serangkaian latihan perang yang ditujukan untuk memperkuat kesiapan pasukan.

Kantor berita Rusia, TASS, mengungkap bahwa unit pertahanan di Moskow dan Distrik Pusat Industri Rusia tengah berada dalam status siaga tinggi.

"Jika awak tempur stasiun radar dan sistem rudal anti-pesawat mendeteksi target udara tak dikenal, jet tempur patroli pertahanan udara akan berupaya untuk mengklasifikasikan mereka atau menghancurkannya," ujar Kementerian Pertahanan Rusia dalam sebuah pernyataan.

Namun kini Inggris juga tengah waspada. Sebuah pesawat Typhoon diminta untuk mengawasi dua pesawat Blackjack milik Rusia yang mengudara di langit Britania Raya belum lama ini.

"Kami dapat mengonfirmasi bahwa reaksi cepat pesawat Typhoon dari pangkalan udara RAF Lossiemouth dan RAF Coningsby bergegas memantau dua pesawat bomber Blackjack ketika mereka berada di wilayah udara Inggris," ujar juru bicara Angkatan Udara Kerajaan Inggris dalam sebuah pernyataan.

Secara terpisah, angkatan udara Prancis mengatakan dua pesawat militer Mirage milik mereka, mengawal dua pesawat pembom Rusia, ke luar wilayah teritorialnya.

Seorang pejabat Prancis mengatakan, insiden tersebut merupakan kali keempat pesawat Rusia telah dicegat di pantai Prancis selama dua tahun terakhir.

Berikut video aksi memukau aksi jet tempur yang diunggah Kementerian Pertahanan Rusia:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.