Sukses

Ini 10 Negara Paling Pintar di Dunia

Ukuran kepintarannya dilihat dari banyaknya lulusan dari bidang ilmu pengetahuan, teknologi, ahli mesin dan matematika (STEM).

Liputan6.com, Jakarta - Ada satu ungkapan yang begitu terkenal. Jika ingin menyelesaikan masalah dari mulai nuklir, perubahan ikilim hingga keamanan pangan, setiap negara butuh banyak ilmuwan.

Beberapa negara sudah menyadari ini. Khususnya untuk negara maju, mereka bahkan berani mengalokasikan dana besar untuk pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, ahli mesin dan matematika (STEM).

Hal ini dilakukan dengan alasan tepat. Sebab, mereka ingin agar lebih banyak lagi lulusan STEM.

Dilansir dari Business Insider, berikut 10 negara terpintar di dunia yang punya lulusan STEM terbanyak berdasarkan datan Organisasi Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan Dunia (OECD).

10. Portugal

Negara yang terletak di benua Eropa ini, 25 persen merupakan lulusan dari bidang ilmu STEM. Hebatnya, negara ini juga memegang presentasi tertinggi pemegang gelar doktor sebanyak 72 persen dari populasi negaranya.

9. Austria

Negara ini dikenal atas keindahan alamnya. Namun, lebih dari itu semua, Austria juga salah satu dari 10 negara terpintar di dunia.

Austria merupakan negara kedua tertinggi pemegang gelar PhD atau 25 persen dari warga negaranya adalah pemegang gelar tersebut.

Hebatnya per 1000 orang warga negaranya terdapat 7 persen perempuan pemegang PHD dan 9,1 persen laki-laki pemengan PHD per seribu orang warga negaranya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

8. Meksiko

Ilustrasi Ilmuwan, Peneliti, Penelitian, Laboratorium - Kredit: Freepik

Negara ini punya angka yang cukup baik dalam soal menaikan angka lulusan STEM. Selama sepuluh tahun terakhir mereka berhasila menaikan angka lulusan STEM dari 24 persen ke 25 persen.

Angka ini naik meskipun pemerintah setempat menghapuskan pemberhentian pajak sementara untuk investasi dibidang penelitian dan pengembangan.

7. Estonia

Lulusan STEM Estonia mencapai 26 persen dari populasi mereka. Perempuan yang memegang gelar dibidang tersebut pada 2012 mencapai 41 persen.

Oleh sebab itu, Estonia menjadi negara dengan angka tertinggi perempuan pemegang gelar STEM.

6. Yunani

Yunani, pada 2013, hanya mengeluarkan 0,08 persen dari GDP negaranya untuk bidang penelitian. Ini merupakan angka terendang di hampir seluruh negara di dunia.

Angka ini pun menyebabkan, lulusan STEM Yunani merosot. Dari 2002 di angka 28 persen ke 26 persen di 2012 ini.

5. Prancis

Angka lulusan STEM, di negaranya sangat tinggi. Mencapai 27 persen. Menariknya para peniliti lebih banyak bekerja di sektor industri dibanding di pemerintahan atau universitas.

3 dari 3 halaman

4. Finlandia

Mayat yang dimaksud adalah mayat yang otaknya sebetulnya masih bisa berfungsi dan dimanfaatkan.

28 persen lulusan STEM mempublikasikan penelitian mereka soal medis di banding di bidang ilmu pengetahuan lain.

3. Swedia

Punya 28 persen lulusan STEM. Kali ini negara tersebut adalah pelaku komputerisasi terbesar di dunia di belakang Norwegia. satu per tiga dari pekerja di negara tersebut semuanya menggunakan komputer.

2. Jerman

Lulusan STEM 31 persen. Sebanyak 10 ribu orang memegang gelar tersebut, AS dan China sebenarnya juga punya angka yang sama. Namun, populasi Jerman yang lebih kecil membuat mereka unggul dari dua negara besar ini.

1. Korea Selatan

Sebenarnya negara ini mengalami penurunan lulusan STEM. Pada 2002, mereka berada di angka 39 persen. Namun, sepuluh tahun berselang hanya sekira 32 persen.

Namun, Korsel tetap berada di nomor wahid sebagai negara paling pintar di dunia berdasarkan data OECD.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini