Sukses

Gempa Berkekuatan 6,3 SR Guncang Pakistan

Episentrum gempa berada di selatan Turbat, pada kedalaman 10 kilometer di bawah permukaan laut.

Liputan6.com, Islamabad - Gempa berkekuatan 6,3 skala Richter mengguncang wilayah lepas pantai Pakistan pada Rabu pagi waktu setempat. Menurut Survei Geologis Amerika Serikat (USGS), episentrum gempa berada di selatan Turbat, pada kedalaman 10 kilometer di bawah permukaan laut.

Turbat merupakan sebuah kawasan yang berada di Provinsi Balochistan.

Seperti dilansir Express.co.uk, Rabu, (8/2/2017), penduduk Turbat diperkirakan mencapai 79.000 jiwa. Lokasi Turbat yang dekat dengan laut telah memicu kekhawatiran akan terjadinya tsunami. Namun hingga saat ini belum ada peringatan yang muncul terkait hal tersebut.

Sementara itu, AFP melansir gempa pertama kali terjadi pada pukul 03.03 dinihari. Sampai saat ini belum ada laporan lebih rinci mengenai dampak gempa.

Pada tahun 2015, lindu berkekuatan 7,5 skala Richter juga sempat menggoyang Pakistan. Getaran gempa kala itu turut dirasakan India, Afghanistan, hingga Tajikistan.

Gempa bumi itu berpusat di wilayah pegunungan Hindu Kush, 76 kilometer di selatan Faizabad. Demikian menurut laporan USGS. Lebih dari 260 orang dilaporkan tewas akibat bencana tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini