Sukses

Bocah Israel Temukan Bangkai Tank Sisa Perang

Seorang anak lelaki di Israel tidak sengaja menemukan bangkai tank usia puluhan tahun terbenam dalam tanah berpasir.

Liputan6.com, Nitzanim - Kepolisian Israel menemukan sebuah tank yang terbenam dalam relung pasir dekat kawasan pelestarian Nitzanim di selatan Israel. Tank itu diduga berusia lebih tua daripada negara itu sendiri, demikian menurut juru bicara kepolisian pada Minggu lalu.

Dikutip dari Times of Israel pada Selasa (7/2/2017), kendaraan militer itu ditemukan setelah adanya laporan dari seorang anak lelaki pada Sabtu sebelumnya. Awalnya, anak itu melihat ada moncong meriam mencuat dari dalam relung pasir.

Sebuah ranjau darat ditemukan di dekat tank, demikian juga sebuah peluru uzur. Namun demikian, polisi menduga tidak ada kaitan antara peluru dengan tank tersebut.

Menurut perkiraan polisi, tank itu berusia "beberapa dekade", sehingga diduga bertarikh sebelum pendirian negara Israel pada 1948.

Tim khusus kepolisian mengamankan ranjau dan perluru dari kawasan itu untuk kemudian diledakkan secara terkendali. Tank itu sendiri tidak berisi bahan-bahan berbahaya, hanya dipenuhi pasir.

Peluru usang ditemukan dekat bangkai tank uzur di Israel. (Sumber Kepolisian Israel)

Pada Januari lalu, penemuan persenjataan sisa perang di masa lalu juga terhadi. Tim jihandak kepolisian dipanggil ke museum Haganah di Rotschild Boulevard, Tel Aviv, setelah penemuan sebuah granat hidup berusia 90 tahun di dalam sebuah lemari.

Granat itu diduga dibuat pada 1920-an oleh pabrik senjata rumahan dan digunakan oleh Gerakan Bawah Tanah Yahudi.

Saat itu, polisi mengatakan bahwa granat dijinakkan dan kemudian dikembalikan ke museum sebagai tampilan sejarah Gerakan Bawah Tanah Yahudi dan jenis senjata yang digunakan ketika memperjuangkan pendirian negara itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini