Sukses

Kunjungi Pesantren, Dubes AS Kagumi Toleransi RI

Duta Besar AS untuk Indonesia menyatakan kekagumannya atas toleransi yang ada di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph Donovan melakukan kunjungan ke Pondok Pesantren (Ponpes) Daar El Qolam. Dirinya mengaku terkesan atas lawatannya ini.

Kekagumannya bukan tanpa sebab. Pasalnya, saat datang ia mendapat sambutan yang luar biasa dari para santri di ponpes tersebut.

Hal ini menurut Donovan, menunjukan bahwa kebudayaan dan masyarakat Indonesia sangat menjunjung tinggi toleransi antar umat beragama.

Ia menceritakan pengalamannya seperti ini tak hanya dilihat saat melakukan lawatan ke ponpes tersebut. Namun, sudah dirasakan ketika dia mengujungi beberapa tempat lain.

"Saya terkesan oleh keimanan kuat dan komitmen terhadap toleransi beragama," ucap Dubes Donovan di Balaraja, Tangerang, Banten, Senin (6/2/2017).

"Saya senang karena ponpes kalian sangat hebat dalam pengaruh toleransi beragama. Tolong bantu saya untuk belajar budaya di Indonesia," sebut dia.

Donovan mengatakan, rasa toleransi tinggi ini mengingatkannya pada negara asalnya AS. Negeri Paman Sam merupakan negara yang menjunjung tinggi toleransi sama seperti Indonesia.

"Seperti Indonesia, toleransi dan rasa hormat adalah sumber kekuatan kita," kata dia.

Selain soal keragaman, Donovan memastikan AS di bawah Presiden Donald Trump tetap memandang Indonesia sebagai mitra penting bagi negaranya.

Kedua negara, kata dia, telah menjalin kerjasama di beberapa bidang penting. Di antaranya, energi bersih, penerbangan, infrastruktur dan pemeliharaan hutan serta ekosistem.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini