Sukses

Sapphire Jubilee, 65 Tahun Ratu Elizabeth Memimpin Inggris

Liputan6.com, London - Ratu Inggris, Elizabeth II, pada 6 Febuari 2017 membuat sejarah baru. Ia menjadi Pemimpin Inggris pertama yang berkuasa hingga 65 tahun, atau disebut dengan Sapphire Jubilee.

Untuk memperingati hari penting itu, sebuah foto karya David Bailey kembali diterbitkan. Dalam potret tersebut, Ratu Elizabeth menggunakan perhiasan safir yang merupakan hadiah pernikahannya dari Raja George VI pada 1947.

Potret tersebut merupakan salah satu dari serangkaian foto yang diambil oleh Bailey pada 2014. Salah satu foto pernah dirilis pada tahun yang sama untuk memperingati ulang tahunnya yang ke-88.

Bailey mengaku selalu menjadi penggemar Ratu Elizabeth. "Ia memiliki mata yang sangat baik dengan kilatan kuat. Saya selalu menyukai perempuan yang kuat, dan dia adalah perempuan yang sangat kuat," ujar Bailey seperti dikutip dari BBC, Senin (6/2/2017).

Ratu Elizabeth II menjadi Pemimpin Inggris terlama yang pernah berkuasa pada 2015 saat ia berusia 89 tahun.

Merupakan sebuah tradisi bagi Ratu Elizabeth untuk menghabiskan hari pentingnya di kediaman kerajaan di Sandringham, Norfolk, dan kembali ke Istana Buckingham beberapa hari setelahnya.

Perayaan dalam skala besar diyakini akan digelar untuk Platinum Jubilee pada 2022, saat Ratu Elizabeth memimpin Inggris selama 70 tahun.

Di London, hormat senjata akan dilakukan di beberapa tempat di ibu kota untuk memperingati sejarah baru tersebut.

Band Artileri Kerajaan Inggris akan memainkan musik untuk mengiringi perayaan tersebut dan 89 kuda akan menarik enam senjata era Perang Dunia Satu ke taman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini