Sukses

3-2-1959: Kecelakaan Pesawat Renggut Nyawa Legenda Rock n Roll

Buddy Holly mengalami kecelakaan pesawat yang menyebabkan dirinya kehilangan nyawa.

Liputan6.com, Jakarta Insiden menyedihkan terjadi di Amerika Serikat. Tiga bintang muda rock n roll Negeri Paman Sam tewas dalam kecelakaan pesawat.

Ketiga bintang yang tewas adalah Buddy Holly, Jiles P Richardson, dan Ritchie Valens. Saat kecelakaan pesawat terjadi, mereka tengah berada di puncak kesuksesannya.

Pesawat yang membawa para korban ini jatuh sesaat setelah lepas landas di Claer Lake Iowa, tepat pada pukul 01.00 waktu setempat.

Selain ketiga orang ini, pilot pesawat satu mesin ini yang bernama Beechcraft Bonanza juga ikut tewas. Demikian dikutip dari BBC History, Kamis (2/2/2017).

Dari laporan awal, pesawat sewaan ini sebelum jatuh terlihat sempat berputar-putar di udara . Diduga hal ini terjadi karena hujan salju ringan.

Setelah pesawat jatuh, tragisnya hanya jasad pilot yang ditemukan di dalam serpihan pesawat. Diduga, korban lain terlempar keluar pesawat.

Holly menyewa pesawat setelah bis tur tak bisa digunakan. Kendaraan itu, mengalami masalah pada sistem pemanasannya.

Akhirnya seluruh musisi tersebut memutuskan menyewa pesawat dari Iowa menuju perhentian selanjutnya di Moorhead, Minnesota.

Holly sendiri dijadwalkan mengunjungi 24 kota dalam tiga pekan. Ia merencanakan tur tersebut setelah keluar dari bandnya The Crickets pada 1958.

Buddy Holly lahir pada Lubbock Texas 7 September 1936. Ia terlahir dengan nama Charles Hardin Holley.

Dirinya merupakan musisi legendaris AS. Ia disebut-sebut sebagai perintis rock n roll di tanah Negeri Paman Sam.  

Pada tanggal yang sama tahun 1984, pesawat ulang-alik Challenger diluncurkan dalam misi luar angkasa ke-10.

Sedangkan pada 3 Februari 2007, sebuah bom meledak di pasar Baghdad dan membunuh 135 orang serta melukai sekitar 339 lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini