Sukses

Siapa 40 Akun yang Di-Follow Donald Trump di Twitter?

Akun pribadi Donald Trump di Twitter memiliki followers atau pengikut sebesar 22,9 juta, tapi ia hanya follow 41 orang, siapa saja mereka?

Liputan6.com, Washington, DC - Akun pribadi Presiden Donald Trump @realDonaldTrump di Twitter memiliki followers atau pengikut sebesar 22,9 juta. Dalam akun itu, Trump menyampaikan pandanganan politik dalam 140 karakter.

Namun, Trump yang berkicau nyaris tiap jam hanya mengikuti atau mem-follow 41 akun orang lain.

Kebanyakan akun yang Trump ikuti adalah wartawan dan pembawa acara yang terihat mendukung kepadanya. Demikian dikutip dari Liputan6.com dari news.com.au pada Senin (31/1/2017).

Termasuk di antara mereka adalah beberapa wartawan Fox News, pembawa acara Bill O'Reilly dan Sean Hannity. Laonnya adalah mantan manajer kampanye Trump Corey R Lewandoski dan komentator radio Laura Ingraham.

Ada dua wartawan yang tak terlalu mendukung Trump, Piers Morgan dan Geraldo Rivera yang pengusaha nyentrik ikuti di Twitter.

"Saya tak setuju dengan larangan negara muslim masuk AS oleh Trump. Namun, dia melakukan apa yang ia ucapkan selama kampanye. Warga memilihnya untuk kepentingan itu," tulis Piers Morgan.

Trump juga follow dua media, Fox News dan laman ekstrem sayap kanan yang dimiliki raja media Matt Drudge, The Drudge Report. Situs itu sepanjang kampanye hanya memuat laporan tentang kegiattan Trump.

Ketika Trump jadi presiden, ia diasumsikan akan mengontrol akun resmi Presiden AS @Potus. Namun, laman itu tak ia ikuti oleh akun pribadinya.

Trump berkicau 60 kali sehari baik dari akun pribadi maupun akun presiden AS. Keduanya dijalankan oleh direktur media sosial Dan Scavino (yang juga Trump follow akun Twitternya). Scavino adalah salah satu orang setia dalam hidup Trump. Dahulu ia adalah caddie atau pendamping dalam olahraga golf.

Trump mencintai Twitter terutama akun pribadinya. Hal itu sudah ia kemukakan beberapa waktu lalu ketika wawancara dengan David Brody dari CBN. Hal itu disebabkan karena dengan Twitter pesannya tidak akan diedit oleh media yang 'tak jujur'.

"Saya bisa saja berkicau di akun resmi Gedung Putih... tapi punya saya jauh lebih baik. Saya suka the Real Donald Trump," kata Trump dalam wawancara itu.

"Saya pikir saya akan memiliki lebih dari 50 juta pengikuti di Facebook, Twitter, Instagram dan lainnya," katanya.

"Tapi, yang indah di Twitter itu, adalah hal modern dari sebuah komunikasi. 140 karakter saya bisa memberikan pesan singkat dan padat kepada dunia," lanjutnya

"Dan saya tak perlu media memotong kalimat saya. Itulah kenapa saya suka Twitter," tegas Trump.

Dari 41 akun, hanya 17 yang memakai nama 'Trump'. Termasuk 7 anggota keluarga: Melania, anak perempuannya Ivanka dan Tiffany, anak laki-lakinya Donald Trump Jr, Eric, menantunya Vanessa dan Lara Trump serta suami Ivanka sekaligus penasihatnya, Jared Kushner.

Sisa akun 'Trump' lainnya adalah properti dan perusahaannya.

Trump juga mengikuti bintang reality show, Katrina Campins yang sempat jadi juru bicaranya saat kampanye. Juga teman dekatnya dan partner bisnis, Vince McMahon.

Presiden terpilih AS ke-45 itu juga follow istri McMahon, Linda yang menggalang bisnis menengah dan kecil yang digagas oleh Trump.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini