Sukses

Susah Move on? Tiru Jurus Sengaja Melupakan Ini

Para ilmuwan menggunakan mesin fMRI untuk melacak aktivitas otak sekelompok orang yang melupakan kenangan secara sengaja itu. Ini hasilnya.

Liputan6.com, Jakarta - Jika termasuk orang yang susah move on atau sulit melupakan suatu kenangan, mungkin Anda baiknya mencoba jurus yang dikuak oleh ilmuwan ini.

Dilansir dari situs Popular Science, Sabtu (7/5/2016), kesengajaan melupakan suatu hal itu dipaparkan dalam jurnal Psychonomic Bulletin & Review.

Dalam percobaannya, para ilmuwan mengamati sekelompok orang yang mempelajari sebuah daftar acak berisi kata-kata sambil melihat gambar berbagai pemandangan, seperti pantai atau hutan.

Lalu mereka kemudian diperintahkan untuk mengingat atau melupakan kata-kata tersebut.

Para ilmuwan kemudian menggunakan mesin fMRI untuk melacak aktivitas otak dari sekelompok orang itu. Mereka lalu mengamati aktivitas yang berhubungan dengan adegan-adegan dalam objek pemandangan yang telah ditanamkan, sama seperti pada kasus teksnya.

Hasilnya, semakin baik ingatan mereka pada gambar pemandangan, maka teks yang akan diingat dalam benak akan lebih sedikit.

Proses melupakan secara sengaja ini dinilai bermanfaat bagi dunia psikologi. Alasanya, karena proses tersebut bisa membantu orang-orang yang dihantui oleh kenangan traumatis.

Bagaimana menurut Anda?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini