Sukses

Kapal Berisi 31 Turis Hilang di Perairan Malaysia

Menurut otoritas maritim Malaysia, kapal kehilangan kontak setelah berangkat dari negara bagian Sabah pada Sabtu 28 Januari 2017 kemarin

Liputan6.com, Kota Kinabalu - Sebuah kapal yang mengangkut 31 turis, termasuk 28 wisatawan asal China, hilang di perairan Malaysia.

Menurut otoritas maritim Malaysia, kapal itu kehilangan kontak setelah berangkat dari negara bagian Sabah pada Sabtu 28 Januari 2017 kemarin.

Malaysian Maritime Enforcement Agency kini tengah melakukan pencarian, namun terhalang oleh cuaca buruk. Demikian dikutip dari BBC, Minggu (29/1/2017).

Insiden itu terjadi saat liburan panjang akhir pekan merayakan Imlek. Tahun Baru China juga dirayakan oleh etnis Tiongkok Malaysia.

Kapal penumpang itu meninggalkan Kota Kinabalu pada Sabtu pukul 09.00 waktu setempat menuju Pulau Mengalum, sebuah pulau tujuan wisata yang berjarak 60 km dari kota.

Malaysian Maritime Enforcement Agency mengatakan, pihaknya menerima panggilan darurat dari kapal itu. Namun, tak lama kemudian kehilangan kontak.

"Saya, sama seperti keluarga dari penumpang kapal itu, berharap progres pencarian dan operasi penyelamatan membuahkan hasil yang positif," kata menteri pariwisata untuk negara bagian Sabah, Masidi Manun.

Pencarian area mencapai 400 nautikal mil persegi antara Kota Kinabalu hingga Pulau Mengalum.

Badai dan gelombang tinggi kerap terjadi di kawasan itu terutama di bulan-bulan Januari hingga Februari.

Terdapat tiga kru dan 31 penumpang dalam kapal yang hilang di perairan Malaysia tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini