Sukses

Top 3: Asteroid Pemicu Tsunami Melintas Februari 2017?

Liputan6.com, Jakarta - Pada 2016, NASA mendeteksi mendekatnya sebuah benda langit yang mengarah ke Bumi. Kelanjutan 'perjalanan' benda angkasa itu menjadi pusat perhatian pembaca Liputan6.com pada Sabtu (28/1/2017) sore.

Kabar duka meninggalnya model cantik Indonesia di Australia juga menyedot perhatian pembaca. Keluarga korban berharap agar pemulangan jenazah Endah Arie Cakrawati dipermudah.

Terakhir, pembaca menyimak ucapan mantan pemimpin Rusia, Mikhail Gorbachev, terkait sejumlah peristiwa internasional belakangan ini, termasuk terpilihnya Donald Trump sebagai presiden Amerika Serikat.

Berikut dalam Top 3 Global selengkapnya:

1. Asteroid Picu Tsunami Raksasa 16 Februari 2017? Ini Kata NASA

Ilustrasi objek misterius 2016 WF9, asteroid atau komet? (Wikipedia/NASA)

Tahun 2016 lalu, Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mendeteksi sebuah objek langit, entah komet atau asteroid, yang mengarah pada Bumi.

Dari reflektifitas dan orbitnya, objek tersebut mirip komet. Namun, kekurangan karakteristik debu dan gas.

Objek itu dinamai 2016 WF9. Meski baru dijumpai, ia sejatinya cukup lama berkelana di angkasa luar.

Selama sekitar 4,9 tahun, ia melakukan perjalanan ke dalam Tata Surya, melewati bagian bawah sabuk asteroid utama dan orbit Mars, hingga ia berayun ke dalam orbit Bumi.

Selanjutnya...


2. Keluarga Harap Pemulangan Jenazah Endah Arie Cakrawati Dipermudah

Endah Ari Cakrawati, mantan model yang juga runner-up Putri Banten 20018, Endah Ari Cakrawati yang jadi korban kecelakaan pesawat di Perth. (Facebook/Rhere Kribo RK)

Keluarga dari Endah Arie Cakrawati, korban kecelakaan pesawat di Australia, berharap agar pemerintah pusat membantu kepulangan jenazah sang anak.

"Kalau lebih cepat ya lebih baik. Kita minta dipermudah pemulangan anak saya, jangan dipersulit," kata Kosim (62), bapak dari almarhum, saat ditemui di rumah duka, Jum'at, (27/01/2017).

Rumah duka yang berlokasi di Kramatwatu, Kabupaten Serang, Banten itu pun ramai didatangi sanak saudara, tetangga, dan teman korban.

Selanjutnya...

 

3. Mikhail Gorbachev: Dunia Seolah Sedang Bersiap Perang

Mikhail Gorbachev dikenal sebagai pemimpin Uni Soviet pada akhir 1980-an yang dinilai berhasil memulihkan hubungan dengan Barat.

Mantan Presiden Uni Soviet, Mikhail Gorbachev bersuara terkait dengan perkembangan politik dunia. Kepada dua pemimpin dunia, Vladimir Putin dan Donald Trump, ia meminta mereka mengecam perang nuklir -- sementara dunia tengah melakukan "militerisasi politik dan perlombaan senjata baru".

Sosok berusia 85 tahun, yang merupakan pemimpin kedelapan dan terakhir Uni Soviet serta Partai Komunis, mengatakan ia percaya kondisi sekarang ini tampak "seolah-olah dunia sedang mempersiapkan perang".

Politisi Perang Dingin yang terkenal dengan slogan 'glasnotst dan perestroika' membuat kolom tulisan untuk majalah Time menjelang pertemuan pertama Theresa May dengan Donald Trump Jumat 28 Januari 2017.

"Dunia sekarang sudah penuh sesak dengan masalah. Para pembuat kebijakan terlihat bingung dan kehilangan arah," kata Gorbachev seperti dikutip dari Independent, Jumat 27 Januari 2017.

Selanjutnya...