Sukses

Nomor Mirip, Warga Kota Irlandia Dibanjiri Telepon 'Nakal'

Panggilan-panggilan mengganggu itu diterima sejumlah warga Westport saat larut malam.

Liputan6.com, Westport - Sejumlah warga kota di Irlandia kewalahan menerima panggilan-panggilan telepon yang sebenarnya bukan untuk mereka. Apalagi, pihak yang dituju sebenarnya adalah kanal televisi khusus dewasa.

Panggilan-panggilan mengganggu itu diterima sejumlah warga Westport saat larut malam dari para pemirsa Babestation, suatu kanal televisi khusus dewasa yang menyediakan layanan mengobrol nakal melalui telepon.

Masalahnya, seperti dikutip dari The Independent pada Kamis (26/1/2017), para peminat percakapan nakal tidak menggunakan kode panggilan internasional untuk menelepon ke Inggris.

Menteri Pembangunan Kawasan Michael Ring mengatakan bahwa konstituen-konstituennya di County Maro "geram dan terganggu."

Menurut Ring kepada harian Sunday Independent, "Mereka menerima panggilan-panggilan telepon di tengah malam. Salah satu dari mereka mempunyai ibu berusia lanjut dan keluarga di berbagai penjuru dunia, sehingga harus menerima telepon jam berapapun."

Sejumlah warga lain melaporkan menerima panggilan-panggilan telepon dari orang-orang yang mencoba menghubungi saluran bantuan televisi Sky. Nomor telepon stasiun televisi itu mirip dengan nomor telepon biasa di kota itu.

Ring menegaskan bahwa warga-warga yang dirugikan tidak seharusnya sampai mengganti nomor-nomor mereka. Politisi itu sudah berkonsultasi dengan polisi, kewenangan siaran Irlandia (Broadcasting Authority of Ireland, BAI) dan regulator Irlandia, ComReg.

Michael O'Keeffe, pimpinan BAI, mengatakan telah menghubungi stasiun Babestation untuk kepentingan warga-warga yang mengadu. Katanya, "Sayangnya, hal itu masih berlangsung."

Ia melanjutkan, "Namun demikian, BAI tidak berada pada posisi untuk menangani masalah itu karena berada di luar kewenangan kami dan kami memberitahukan pengadu bahwa kami membantunya hanya karena niat baik."

Juru bicara ComReg mengatakan kepada The Independent, "ComReg telah menghubungi pihak terkait di Inggris dan mencoba menemukan solsusi masalah sesegera mungkin."

"Kami anjurkan agar siapapun yang menelepon ke Inggris dari Republik Irlandia agar selalu menggunakan awalan (prefiks) 00 44," imbuhnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini