Sukses

150 Tahanan Kabur Setelah Penjara Brasil Dibakar

Kebakaran yang mengakibatkan kaburnya 150 tahanan terjadi setelah kerusuhan pecah di sebuah penjara di Bauru, Brasil.

Liputan6.com, Bauru - Setidaknya 150 tahanan melarikan diri dari sebuah penjara Brasil pada 24 Januari 2017. Peristiwa tersebut terjadi setelah pecahnya kerusuhan yang mengakibatkan kebakaran.

Rekaman udara memperlihatkan asap tebal akibat kebakaran yang berasal dari penjara di Bauru, sekitar 350 kilometer sebelah barat Sao Paulo.

Otoritas penjara Brasil mengatakan, 90 tahanan yang kabur berhasil ditangkap dan saat ini faslitas tersebut berada di bawah kendali.

Dikutip dari Euro News, Rabu (25/1/2017), peristiwa yang terjadi di penjara Bauru adalah kerusuhan terbaru dalam serangkaian kekerasan di penjara Brasil. Hal tersebut diduga disebabkan parahnya kepadatan tahanan di penjara.

Kondisi Pusat Progresi Lembaga Pemasyarakatan yang dibakar para napi di kota Bauru, barat laut Sao Paulo, Brasil, Selasa (24/1). Polisi militer belakangan menangkap kembali sebanyak 100 tahanan yang melarikan diri. (STR/RECORD TV/AFP)

Menurut data resmi, lebih dari 620.000 tahanan berada di balik jeruji penjara. Angka tersebut 70 persen lebih banyak dari daya tampung penjara.

Pada awal pekan ini, di penjara lain di timur laut Brasil dikirim sejumlah kontainer yang digunakan untuk memisahkan geng yang tengah berseteru. Hal tersebut dilakukan setelah terdapat 26 tahanan yang tewas.

Sejak awal 2017, sekitar 140 orang diperkirakan tewas di dalam penjara Brasil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini