Sukses

Pengambilalihan Kontrol Semenanjung Korea Ditunda

Pengambilalihan kontrol Amerika Serikat kepada Korea Selatan di semenanjung Korea sepakat ditunda hingga 2015 mendatang terkait semakin memanasnya situasi di semenanjung Korea.

Liputan6.com, Toronto: Pengambilalihan kontrol Amerika Serikat kepada Korea Selatan di semenanjung Korea sepakat ditunda hingga 2015 mendatang. Demikian butir kesepakatan pertemuan antara Presiden AS Barack Obama dengan Presiden Korsel Lee Myung Bak di Toronto, Kanada, Sabtu (26/6).

Di sela pertemuan G20, kedua pemimpin menyepakati perpanjangan kontrol operasi militer selama lima tahun di wilayah sengketa perbatasan, dengan melibatkan militer negara adidaya tersebut. Kepakatan tersebut menyangkut situasi semenanjung Korea yang kembali memanas.

Sebelumnya, transfer komando AS akan diberikan pada 2012. Namun, insiden kapal laut Cheonan milik negeri Ginseng menyebabkan hubungan Seoul dengan Pyongyang kembali memanas. Seoul menuding terpedo kapal selam Korut menewaskan 28 pelautnya. Pyongyang bersikeras menolak tuduhan tersebut.

Kini, kasus tersebut dibawa ke meja Perserikatan Bangsa-bangsa.(ADDY/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.