Sukses

Rekaman 19 Bangunan Luluh Lantak Dalam 10 Detik

19 flat yang beberapa di antaranya setinggi 12 lantai roboh dalam hitungan detik. Berikut ini rekamannya.

Liputan6.com, Wuhan - Penampakan menakjubkan dari pembongkaran flat atau apartemen terekam di Wuhan, China. Dalam rekaman yang beredar, terlihat 19 bangunan hancur dalam waktu 10 detik.

Dilansir dari The Independent, Selasa (23/1/2017), ternyata digunakan bahan peledak sebanyak lima ton untuk merobohkan flat yang beberapa di antaranya setinggi 12 lantai.

Pembongkaran itu dilakukan untuk pembuatan business park dan gedung pencakar langit baru setinggi 707 meter.

Dalam rangka penghancuran bangunan tersebut, warga Hankou Binjiang estate telah pindah dari lokasi itu beberapa pekan sebelumnya.

"Untuk peledakan guna pembongkaran skala besar yang dilakukan di pusat kota, kita tidak hanya perlu menjamin hasil pembongkaran. Tetapi juga mengontrol efek samping dari peledakan," ujar Direktur Umum Perusahaan Pembongkaran, Jia Yongsheng kepada CCTV.

"Efek pembongkaran cukup ideal. Ledakan tidak mempengaruhi fasilitas umum di sekitar bangunan yang hancur. Tidak ada kerusakan dan efek samping dari peledakan."

Jia juga mengatakan bahan peledak tersebut tersebar di 120.000 lokasi di gedung-gedung yang akan dihancurkan. Alat tersebut dipasang dengan pengaturan selang waktu beberapa mikrodetik.

Berikut cuplikan ledakan menakjubkan saat 19 gedung luluh lantak dalam hitungan detik:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.