Sukses

Bukan New York atau London, Ini Kota dengan Harga Rumah Termahal

Menurut studi terbaru, ternyata kota-kota berikut ini yang memiliki harga rumah termahal.

Liputan6.com, Hong Kong - Selama ini London dan New York dikenal sebagai kota dengan harga rumah termahal. Namun menurut studi terbaru, ternyata kota-kota yang memiliki harga rumah paling mahal terdapat di Asia.

Di Hong Kong, Mumbai, Beijing, dan Shanghai, diperlukan lebih dari 30 tahun untuk mendapatkan rumah dengan luas 90 meter per segi, di mana perhitungannya didasarkan pada rata-rata pendapatan.

Hal tersebut dikemukakan oleh Oxford Economics yang studinya didasarkan pada price to income ratio atau perbandingan harga barang terhadap pendapatan.

"Kami memperkirkan harga rumah akan naik menjadi moderat dalam tahun-tahun mendatang di Asia," ujar ekonom Tianjie Dia dan Louis Kuijs dalam laporan seperti dikutip dari Bloomberg, Senin (23/1/2017).

Mereka menambahkan, naiknya pasokan dan upaya untuk mendinginkan pasar, akan merubah suku bunga yang akan menekan harga.

Dalam jangka panjang, meningkatnya kesejahteran dan faktor demografi masih menunjukkan permintaan rumah yang besar di kota-kota besar Asia, terutama di negara berkembang.

Namun jumlah penduduk Tokyo dan Seoul yang diperkirakan akan menyusut selama delapan tahun ke depan, diperkirakan akan mengurangi permintaan terhadap perumahan.

Menurut Oxford Economics, berikut 14 kota di dunia yang memiliki harga rumah termahal berdasarkan price to income ratio:

1. Hong Kong
2. Mumbai
3. Beijing
4. Shanghai
5. London
6. Tokyo
7. Singapura
8. Paris
9. New York
10. Seoul
11. New Delhi
12. Sydney
13. Auckland
14. Melbourne

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini