Sukses

Cuaca Beku hingga Diare, Ini 5 Kisah Unik Pelantikan Presiden AS

Sejumlah kisah unik mewarnai 5 pelantikan Presiden AS. Apa saja?

Liputan6.com, Washington D.C. - Pada 30 April 1789, ketika George Washington jalani pelantikan Presiden AS untuk yang pertama kali, Kanselir New York Robert Livingston membaca sumpah. Washington pun mengulanginya dengan menaruh satu tangan di atas alkitab sambil berkata:

"Saya bersumpah bahwa saya akan setia menjalankan jabatan Presiden Amerika Serikat dan akan melakukan yang terbaik untuk menjaga, melindungi dan membela Konstitusi Amerika Serikat.”

Ia juga menambahkan kata, "Tuhan bantulah saya," sebuah kata yang ditambahkannya sendiri namun diikuti oleh presiden setelahnya hingga kini.

Upacara pelantikan presiden merupakan salah satu momen bersejarah di semua negara, termasuk Amerika Serikat. Namun, terdapat juga kisah unik yang mewarnai pelantikan Presiden AS.

Seperti dikutip dari The Vintage News, Minggu (22/1/2016), berikut kisah unik yang mewarnai 5 pelantikan Presiden AS.

1. George Washington Sampaikan Pidato 135 Kata

George Washington | Via: listverse.com

George Washington kembali menjabat sebagai Presiden AS pada 1793. Ia kembali dilantik di Senate Chamber of Congress Hall di Philadelphia pada 4 Maret 1793.

Dalam kesempatan itu, ia hanya menyampaikan pidato super singkat, yakni hanya sebanyak 135 kata.

2. Keriuhan Pelantikan Andrew Jackson

Presiden AS ke-7, Andrew Jackson (thepapersofandrewjackson)

Pelantikan Andrew Jackson sebagai Presiden ke-7 Amerika Serikat digelar di sisi timur Gedung Capitol pada 4 Maret 1829. Karena lebih dari 20.000 orang datang untuk melihat pelantikan tersebut, Jackson harus memasuki gedung melalui pintu bawah tanah di sisi barat.

Seutas tambang pun dibentang di depan tangga sisi timur untuk mencegah warga mendekat ke tempat pelantikan. Namun tali tersebut putus dan menyebabkan orang-orang merangsek ke depan.

Atas perisitwa itu, Jackson dipaksa untuk mundur ke Capitol dan meninggalkan tempat tersebut lewat pintu barat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pidato Terpanjang Hingga Cuaca Membeku

3. William Harrison Sampaikan Pidato Pelantikan Terpanjang

Presiden ke-9 AS William Henry Harrison (quotesgram)

Pelantikan William Harrison sebagai Presiden ke-9 Amerika Serikat dilaksanakan di sisi timur Gedung Capitol pada 4 Maret 1841. Menurut sejumlah laporan, Harrison menyampaikan pidato pelantikan terpanjang--setidaknya hingga saat ini.

Dalam kesempatan tersebut, lama waktu yang dibutuhkan Harrison untuk menyampaikan pidatonya adalah satu jam 45 menit. Meski saat itu cuaca sangat dingin, Harrison bersikeras tak mau memaki topi atau mantel.

Tak lama setelah itu, Harrison diyakini terjangkit pneumonia dan meninggal satu bulan setelahnya. Namun baru-baru ini terdapat analisis yang menyebut bahwa demam enterik yang dialaminya disebabkan karena air di Gedung Putih yang bercampur dengan limbah.

4. James Buchanan Alami Diare saat Pelantikan

James Buchanan (History.com)

Pelantikan James Buchanan sebaagi Presiden ke-15 Amerika Serikat dilaksanakan pada Rabu, 4 Maret 1857. Buchanan yang memperisapkan diri untuk dilantik, memutuskan untuk menginap di National Hotel di Washington D.C.

Malangnya, ketika sedang bersiap untuk dilantik ia jatuh sakit akibat disentri. Buchanan mengalami diare saat hari pelantikannya dan harus ditemani seorang dokter di dekatnya selama inagurasi berlangsung.

5. Ulysses Grant Dilantik di Tengah Cuaca Membeku

Presiden ke-18 Amerika Serikat, Ulysses Grant. (Public Domain)

Inagurasi Ulysses Grant diadakan pada 4 Maret 1873 dan menjadi salah satu pelantikan Presiden AS di tengah cuaca terdingin yang pernah digelar.

Untuk membawa suasana ceria dalam upacara tersebut, 100 ekor burung kenari dibawa agar orang-orang dapat mendengar kicauannya. Malangya, seluruh kenari yang dibawa dalam pelantikan Grant mati membeku.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.