Sukses

Gempa 7,9 SR Mengguncang Papua Nugini, Berpotensi Tsunami

Potensi tsunami tak hanya mengancam sejumlah pantai di Papua Nugini dan Kepulauan Solomon, melainkan juga Indonesia.

Liputan6.com, Port Moresby - Gempa berkekuatan 7,9 skala Richer mengguncang Papua Nugini. Menurut Lembaga Survei Geologi AS (USGS), lindu berada pada kedalaman 153 kilometer dan berpusat sekitar 40 kilometer di barat kota Pangunan.

Seperti dilansir CNN, Minggu, (22/1/2017) Pusat Peringatan Tsunami mengumumkan, gempa berpotensi memicu tsunami sekitar 0,3 hingga satu meter diprediksi akan menerjang sejumlah pantai di Papua Nugini dan Kepulauan Solomon.

Gempa dilaporkan kerap mengguncang Papua Nugini yang berada di lokasi cincin api pasifik (ring of fire). Loti Yates, direktur pusat manajemen bencana nasional di Kepulauan Solomon mengatakan, masyarakat telah diminta untuk pindah ke area yang lebih tinggi.

"Itu (tsunami) bukan satu-satunya ketakutan yang kami miliki. Kami juga khawatir dengan dampak gempa," ujar Yates.

Sejumlah negara seperti Australia, Samoa, Selandia Baru, Indonesia, Tonga, Kaledonia Baru dan sejumlah pulau-pulau di sekitar juga termasuk area waspada tsunami dengan gelombang diperkirakan kurang dari 0,3 meter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini