Sukses

Video Reaksi Histeris Pendemo Donald Trump Mendadak Viral

Pelantikan Donald Trump sebagai Presiden ke-45 Amerika Serikat disambut aksi demonstrasi ribuan orang.

Liputan6.com, Washington, DC - Seorang perempuan duduk bersila di atas trotoar. Wajahnya cemas dan tegang, alisnya berkerut. Pada saat bersamaan, di halaman Gedung Capitol, Donald Trump bersiap disumpah menjadi Presiden ke-45 Amerika Serikat.

Tak lama kemudian, sebuah pengumuman terdengar dari pengeras suara:  "Donald J. Trump kini resmi menjadi Presiden AS."

Perempuan itu sontak bereaksi. "Tidak!" teriak keras-keras, suaranya parau.

Aksinya itu tertangkap kamera ITV News dan kemudian viral di dunia maya, setelah orang-orang membagikannya di media sosial dan Reddit.

"Ini bukan Amerika, Ini bukan yang kita inginkan," kata perempuan yang diketahui bernama Jessica Starr itu, seperti dikutip dari situs New York Post, Sabtu (21/1/2017).

Sambil menangis, ia mengaku tak tahu bagaimana caranya untuk memahami apa yang sedang terjadi. Menerima fakta bahwa Donald Trump jadi Presiden AS terlalu berat untuknya.

"Bagi saya, saat ini rasanya seperti berada di dalam sel, gelap, nyaris tanpa cahaya," kata dia. 

Jessica Star bukan satu-satunya yang kecewa. Ribuan demonstran yang berkumpul di luar Gedung Capitol juga mengekspresikan kekecewaannya.

Tak seperti sebelumnya, pelantikan Donald Trump sebagai Presiden AS penuh dinamika. Aparat terlibat bentrok dengan demonstran di sekitar lokasi pelantikan.

Sejumlah anggota polisi dilarikan ke rumah sakit, sementara sekitar 200 demonstran ditangkap.

Sejumlah aksi protes digelar juga di gelar di sejumlah kota di Amerika, juga di seluruh dunia.

Sementara itu, gemuruh tepuk tangan dan dentuman meriam terdengar usai Donald Trump mengucap sumpah sebagai Presiden ke-45 Amerika Serikat di lokasi pelantikan di halaman Gedung Capitol.

Dalam sambutannya, Donald Trump mengajak warga Amerika Serikat untuk membangun negara dan mengembalikan janji kesejahteraan kepada seluruh rakyat.

Ia juga memuji sikap Barack dan Michelle Obama yang membantu proses peralihan kekuasaan secara damai .

"Hari ini kita tidak hanya mengalihkan kekuasaan dari satu pihak kepada pihak lain ... tapi kita sedang memindahkan kekuasaan dari Washington DC dan memberikan kembali kepada Anda sekalian, rakyat," kata Donald Trump yang entah mengapa mirip dengan apa yang diucapkan Bane, tokoh jahat dalam film Batman, The Dark Knight Rises.

Tom Hardy berperan sebagai Bane (Foto:AP)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.