Sukses

Ini Bukti Pidato Donald Trump Meniru Ucapan Musuh Batman?

Pidato suram Donald Trump diduga mirip dengan ucapan musuh Batman, Bane. Soal mengembalikan kekuatan ke tangan rakyat.

Liputan6.com, Washington, DC - Suram. Itu kesan yang ditangkap banyak orang terkait pidato Donald Trump usai dilantik sebagai presiden ke-45 Amerika Serikat pada Jumat, 20 Januari 2017. 

Ia menyebut soal kemiskinan, industri yang mati dengan pabrik-pabrik berkarat yang berserakan bak nisan kuburan, juga kejahatan yang meraja-lela di Amerika Serikat, sementara elite Washington menggerogoti kekayaan negara.

Untuk itulah, Donald Trump mengatakan, pelantikannya bukan hanya pengalihan kekuasaan dari satu pihak ke pihak lain. "Namun, kita sedang mengalihkan kekuasaan dari Washington DC dan mengembalikannya pada Anda sekalian, rakyat," kata dia.

Donald Trump mendapat tempat untuk memberi pidato perdana sebagai Presiden AS di Capitol Hill, Washington DC, AS, Jumat (20/1). Dalam pidatonya, Trump meyakinkan warga Amerika bahwa dirinya tidak akan mengecewakan warga Amerika. (AFP Photo)

Tak hanya isinya yang kontroversial, yang menarik dari pidato itu adalah--entah kebetulan atau tidak--pilihan kata dalam pidato Donald Trump mirip dengan apa yang diucapkan Bane, tokoh jahat dalam film Batman terakhir, The Dark Knight Rises.

Dalam film tersebut, Bane menjadi antagonis di dunia yang muram, yang dikuasai kaum elite.

Musuh Batman itu, seperti digambarkan dalam tayangan layar lebar, menjadi bagian dari kelompok kaum tertindas yang beranggapan bahwa kelas penguasa hanya bisa disingkirkan dengan pemberontakan golongan melarat dalam skala yang belum pernah terjadi sebelumnya.

"The solution to that oppression? Turning power back over to the people," kata Bane, yang wajahnya tertutup topeng hitam. Ia menyebut hal yang sama dengan Donald Trump: mengembalikan kekuasaan ke tangan rakyat. 

Berikut video pidato Donald Trump yang mirip dengan ucapan Bane, musuh Batman: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.