Sukses

Dubes AS: Indonesia Negara Indah, Beragam dan Toleran

Liputan6.com, Solo - Dubes Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia yang baru, Joseph R Donovan, melakukan kunjungan kerja perdananya selepas bertemu Presiden Jokowi, awal pekan lalu.

Kali ini, Dubes Donovan mengunjungi Pondok Pesantren Modern Assalam, Sukoharjo, Jawa Tengah.

Pantauan Liputan6.com, kedatangan Dubes AS yang baru tersebut disambut oleh para santri yang berdiri berjajar mulai dari pintu gerbang hingga aula Pondok Pesantren Modern Assalam.

Sejumlah petinggi pesantren juga terlihat menyambut kedatangan diplomat AS tersebut.

Setelah sempat transit di kantor pesantren, selanjutnya Donovan dan rombongan berjalan kaki menuju ruang aula yang menjadi lokasi kunjungan.

Saat memasuki ruang pertemuan tersebut, ribuan santri putra dan putri yang telah menunggu sejak pagi langsung bertepuk tangan menyambut kedatangan Donovan.

Dalam sambutannya, Dubes Donovan merasa terhormat karena berkesempatan mengunjungi pondok pesantren ini. Dia menjelaskan bahwa kunjungannya merupakan lawatan pertama kali di luar Jakarta setelah minggu kemarin bertemu dengan Presiden Jokowi.

"Saya merasa terhormat untuk bisa ke sini. Ini menjadi kunjungan saya di luar Jakarta setelah minggu kemarin bertemu Presiden Jokowi," kata Donovan di pesantren Assalaam, Solo  pada Kamis (19/1/2017).

Di depan para santri, Donovan memberikan pandangannya tentang Indonesia.

Menurutnya Indonesia adalah negara yang indah, memiliki nilai keberagaman, dan menjunjung toleransi.

"Saya ingin belajar banyak tentang Indonesia. Belajar tentang Islam dan para santri yang menjadi tumpuan masa depan, " jelasnya.

Setelah memberikan sambutan, tanya jawab interaktif santri dengan Dubes Donovan digelar.

Mayoritas para santri bertanya tentang bagaimana untuk bisa belajar di Amerika hingga mendapatkan beasiswa di negeri Paman Sam.

Sebelum ke Assalaam, melalui Twitter Kedubes AS di Jakarta terungkap bahwa Donovan telah mampir di sejumlah tempat di Solo.

Diantaranya ia bertemu dengan Wali Kota Solo, FX Rudy hingga singgah di kedai martabak Markobar besutan putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini