Sukses

Sakit Parah, George dan Barbara Bush Masuk Rumah Sakit

Bush pertama kali masuk ke rumah sakit pada akhir pekan lalu, Ia mengalami sesak nafas dan batuk Kini, kondisinya semakin parah.

Liputan6.com, Austin - Mantan Presiden AS, George H.W Bush dan istrinya, Barbara dirawat di rumah sakit.

Menurut juru bicara keluarga, Presiden Bush yang kini berusia 92 tahun harus dimasukkan ke ICU di Houston Methodist Hospital karena pneumonia akut.

"Para dokter telah melakukan sejumlah prosedur untuk melindungi dan membersihkan jalur pernafasannya. Jadi dibutuhkan tindakan sedasi," kata juru bicara keluara, Jim McGarth dalam keterangannya seperti dikutip dari CNN, Kamis (19/1/2017).

Adapun Barbara Bush dibawa ke rumah sakit yang sama bersama sang suami pada Rabu pagi karena Barbara mengalami kelelahan luar biasa dan batuk yang terus menerus.

Bush pertama kali masuk ke rumah sakit pada akhir pekan lalu setelah mengalami sesak nafas dan batuk. Ia sempat diberi infus antibiotik.

Awalnya, McGarth melaporkan, tubuh Bush merespons dengan baik terhadap obat-obatan. Tapi, pada hari Rabu 18 Januari, kondisi presiden AS ke-41 itu merosot tajam. Ia terpaksa dibawa ke ICU, dibuat tak sadarkan diri dan diintubasi atau proses memasukan tabung ke saluran pernafasan di bagian atas.

"Kondisinya jelas sangat mengkhawatirkan," kata Dr. Sanjay Gupta, kepala koresponden medis CNN yang sadar bahwa ini adalah pertama kalinya Presiden Bush diintubasi.

Bush yang memimpin AS dari tahun 1989 hingga 1993 sudah dipastikan tidak akan menghadiri pelantikan Presiden terpilih Donald Trump di Washington, Jumat mendatang karena kesehatannya.

Bush telah mengirim surat kepada Trump pada 10 Januari lalu. Isinya berbunyi permintaan maaf dan doanya, "berharap yang terbaik bagi Anda ketika memulai perjalanan yang luar biasa dalam memimpin negara kita yang hebat ini."

"Dokter mengatakan jika saya berada di luar pada bulan Januari, tubuh saya akan meringkuk kedinginan. Demikian dengan Barbara. Jadi, kami pikir, kami terpaksa terjebak di Texas," tulis Bush.

Trump merespons surat itu di Twitternya. Ia berharap Bush segera sembuh dan terima kasih untuk suratnya.

Sementara itu, Presiden Barack Obama mengatakan ia telah mengontak keluarga Bush.

"Mereka tak hanya berdedikasi bagi neegara ini, namun juga teman dan pemberi dukungan yang baik selama bertahun-tahun," kata Obama. "Mereka pasangan yang menyenangkan dan baik hati," lanjutnya.

Presiden Bill Clinton juga mengucapkan hal senada kepada pendahulunya lewat Twiiter.

"41 dan Barbara-- kami memikirkan Anda berdua dan berharap segera sembuh. Penuh cinta, 42," tulis Bill.

Kondisi Kesehatan Bush

Beberapa tahun lalu, Presiden Bush membocorkan riwayat penyakitnya, antara lain Parkinson yang membuatnya tak bisa berjalan.

Ia kini menggunakan kursi roda atau skuter untuk berjalan.

Pada tahun 2014, ia terpaksa dibawa ke rumah sakit karena sesak nafas dan pada Juli 2015 terjatuh di rumahnya di Maine. Peristiwa itu mematahkan tulang lehernya.

Namun luka itu tak berdampak pada masalah di jaringan sarafnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini