Sukses

Habiskan Rp 49,3 M untuk Hibur Karyawan, Ini Bos Terbaik Sedunia?

Liputan6.com, Cirencester - Sebagian karyawan mungkin akan iri dengan apa yang didapatkan oleh pegawai di perusahaan money.co.uk. Dengan bekerja di sana mereka mendapatkan berbagai keuntungan, sebut saja bir dan tempat gym gratis.

Tak hanya itu, mereka juga bebas berlibur ke manapun sekali dalam setahun dan diberikan 5.000 pound sterling untuk disumbangkan ke badan amal pilihan mereka sendiri.

Itu merupakan karya dari Chris Morling, pendiri dan managing director money.co.uk yang memiliki misi untuk menciptakan "tempat terbaik untuk bekerja".

"Merawat tim saya adalah yang terpenting...mereka adalah aset saya yang paling berharga," ujar Morling seperti dikutip dari Daily Mail, Rabu (18/1/2017).

Tak sampai di sana, Morling juga telah merenovasi kantor pusat perusahaan yang berada di sebuah kastil di Cirencester, Gloucestershire dengan menggelontorkan dana sebesar 3 juta pound sterling atau sekitar Rp 49,3 miliar.

Untuk merenovasi bangunan tersebut, ia berkonsultasi dengan 50 pegawainya dan berkolaborasi dengan desainer interior selebritas, Laurence Llewelyn-Bowen.

Saat ini para karyawan perusahaan tersebut dapat menikmati sejumlah fasilitas kantor nan unik, seperti ruang rapat yang disulap seperti gua es, bioskop bertemakan Star Wars, dan toilet dengan tema Rolling Stones.

Bioskop bertemakan Star Wars di kantor pusat money.co.uk (money.co.uk)

"Ini tentang membuat tempat ini menjadi luar biasa, tempat produktif untuk bekerja," ujar Morling. "Apa yang kita lakukan adalah mendesain semuanya sesuai dengan kebutuhan tim."

"Beberapa orang ingin berdiri ketika bekerja, ada yang memilih untuk bekerja sendiri. Pada akhirnya itu bermuara dari menciptakan ruang di mana Anda merasa nyaman," imbuh Morling.

Morling menjelaskan ia memakai jasa desainer flamboyan terkenal karena membutuhkan seseorang yang berpikir secara berbeda. Llewelyn-Bowen melihat proyek itu sebagai kesempatan untuk menggambarkan kembali interior yang "jelek, tak ramah, dan tak kreatif" menjadi ruang kerja modern.

Morling menggelontorkan Rp 49,3 M untuk merenovasi sebuah kastil di Cirencester, Gloucestershire, Inggris (money.co.uk)

Desain tersebut juga menekankan akan humor dan interaksi sosial, yang dilengkapi dengan mesin popcorn, meja bermain, dan bioskop bertemakan Star Wars untuk menambahkan kesan bermain.

Selain itu, karyawan money.co.uk juga mendapat keuntungan dengan tersedianya gym gratis, studio yoga, dan jam kerja yang fleskibel. Satu bulan sekali, mereka mengadakan makan siang bersama dan malam keakraban.

Meski kastil Inggris tersebut terlihat sebagai tempat yang terlalu mewah untuk perusahaan yang hanya memiliki 50 karyawan, Morling bersikeras bahwa itu benar-benar pilihan efektif jika dibandingkan dengan membangun gedung di London.

Tempat gym di kantor pusat money.co.uk (money.co.uk)

"Lingkungan fisik yang menakjubkan hanyalah bagian kecil puzzle ketika Anda membuat tempat yang luar biasa untuk bekerja," ujar Morling.

"Ketika tim Anda benar-benar merasa dihargai dan opininya didengar, mereka akan merasa berdaya dan itu jauh lebih berharga dari keuntungan yang kita tawarkan," tambah pria yang dijuluki sejumlah pihak sebagai bos terbaik di dunia itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini