Sukses

3 Profesi Aneh Ini Ternyata Ada di Dunia, Berminat?

Liputan6.com, Jakarta Saat ditanya soal cita-cita, anak-anak punya beragam jawaban. Ada yang standar -- jadi dokter, pilot, atau presiden. Lainnya memiliki impian tak biasa, jadi presiden pembasmi dinosaurus atau pencicip cokelat seumur hidup.

Apapun, angan-angan tak seindah kenyataan. Beranjak dewasa, mereka akan berpikir ulang dan menjadi lebih 'realistis', melupakan impian masa kecilnya.

Namun, tak seperti manusia dewasa lainnya, ada beberapa orang yang ternyata bisa mewujudkan impian masa kecilnya -- seaneh apapun itu. Misalnya, dalam dunia nyata, ada juga orang yang dibayar untuk menikmati makanan paling enak sedunia.

Berikut adalah 3 jenis pekerjaan aneh, dan tak disangka ternyata ada di dunia. Liputan6.com mengutip dari Cracked pada Rabu (18/1/2017) dan berbagai sumber.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Tukang Makan Profesional

Ini bukan perlombaan makan -- di mana Anda wajib menghabiskan tiga porsi masakah bebek atau sosis mentah sekian piring dalam lima menit.

Yang dimaksud tukang makan profesional adalah, mereka yang melahap hidangan yang enak dan dibayar untuk itu.

Dengan perkembangan teknologi internet ditambah dengan meluasnya media sosial, profesi ini dimungkinkan lahir.

Mok-bang, Tren Makan dengan Porsi Raksasa, Mau Coba?

Di Korea Selatan, muncul sejumlah tukang makan profesional yang berkembang cepat.

Mereka memadukan makan enak dengan porsi besar, atau disebut dengan mok-bang.

Salah satu bintang 'pemakan profesional' dengan porsi raksasa adalah Park Seo-yeon atau dikenal dengan 'The Diva'.

Dalam 3 jam siaran Diva bisa menyantap 15 porsi stik udang goreng tepung, 5 telur goreng, 1 wajan nasi goreng, dan 1 mangkuk besar. Lalu disusul makanan lainnya. 

Saat asyik menyantap makanan, aksi gadis bertubuh langsing itu ditonton oleh ribuan orang.

Sembari sibuk mengunyah, ia masih sempat membalas obrolan dari para fansnya, kini Park Seo-yeon telah menjadikannya mok-bang sebagai profesinya. 

Tiap malam Park siaran sambil menikmati makan. Bayarannya US$9.000 per bulan untuk makan malam selama tiga jam per hari.

Selain menguntungkan, berat badan Diva tak pernah bertambah padahal porsi makannya luar biasa. 

3 dari 4 halaman

2. Pengacara Antariksa

Salah satu pekerjaan yang asing bagi telinga adalah pengacara antariksa.

Profesi yang kerap dikaitkan dengan angkasa luar adalah astronot atau pegawai NASA. Dan mungkin tak terbayangkan, apa sih pekerjaan seorang pengacara di antariksa? Memangnya ada sengketa atau perang antar-galaksi?

Begini penjelasannya, hampir 60 tahun manusia meluncurkan satelit ke luar atmosfer Bumi, saat itulah bisnis angkasa luar dimulai.

Dari mulai penempatan satelit hingga pertambangan asteroid dan membuat hotel di angkasa luar -- meski dua yang terakhir baru wacana dan rencana. 

Namun, pada tahun 1959, PBB membuat komite yang disebut United Nations Committee on the Peaceful Uses of Outer Space. Mereka lah yang menyusun undang-undang angkasa luar.

Tahun 1960, International Institute of Space Law (IISL) didirikan. Tujuannya adalah bekerja sama dengan organisasi internasional dan institusi nasional terkait hukum angkasa luar.

Komite dan organisasi itu juga mengatur alokasi orbit dan berbagai proyek di angkasa luar.

Adapun profesi pengacara untuk antariksa baru dilegalkan pada tahun 2008.

Dan pada September 2012, Space Law Society (SLS) di University of Maryland Francis King Carey School of Law dibentuk.

Space Lawyer (BBC)

Selain mengatur koordinat satelit komunikasi, para pengacara ini kerap kali berurusan dengan orang aneh macam pria bernama Dennis Hope dari San Fransisco.

Ia mencoba mengklaim Bulan dan mengubah namanya menjadi 'Head Cheese'. Tak hanya itu, ia mendenda semua negara yang datang ke Bulan US$55.000 karena membuang sampah di situ.

Atau Angeles Duran, yang berkoar bahwa Matahari adalah miliknya dan bahkan mendaftarkan kepemilikan atas Sang Surya di kantor notaris.

4 dari 4 halaman

3. Master Lego

Hampir semua orang suka bermain Lego. Tapi tak semua cukup kreatif menciptakan karya di luar instruksi yang biasanya tertera di mainan itu.

Ternyata, ada orang-orang tertentu yang cukup imajinatif, sabar, dan terlatih untuk membuat bentuk imajinatif. Karenanya, mereka pantas disebut Lego Master Builder.

Anda mungkin pernah mendengar istilah "Master Builder" jika Anda menonton The Lego Movie - nama yang berasal dari para jenius yang bekerja di kampus Lego di Connecticut.

Sebuah patung lego raksasa 'Sherlock Holmes' menghiasi toko lego terbesar di dunia di Leicester Square, London, Kamis (17/11). Didalam toko lego terbesar di dunia itu banyak memamerkan berbagai benda yang terbuat dari Lego. (REUTERS/Stefan Wermuth)

Tetapi jika ingin mendapatkan pekerjaan dengan bermainan sepanjang hari, Anda harus memiliki pengetahuan yang baik -- bukan hanya kesenian, tetapi juga matematika (untuk menghitung skala hal atas atau bawah), dan biologi (untuk membuat tiruan orang atau binatang).

Jangan berpikir pekerjaan ini sekedar mainan buat anak-anak. Menjadi Master Builder adalah pekerjaan cukup berbahaya.

Karena demi mendapatkan rancangan yang tepat dan susunan Lego yang sempurna, Master Builder kerap kali melukai jari dan tangan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini