Sukses

13 Bangunan Unik Ini Akan Muncul pada 2017, Termasuk di Indonesia

Tahun 2017 ini berbagai bangunan dengan arsitektur unik dan menarik di dunia diperkirakan akan muncul.

Liputan6.com, Jakarta - Tahun 2017 ini berbagai bangunan dengan arsitektur unik dan menarik di dunia diperkirakan akan muncul. Dilansir dari situs CNN Style, Rabu (4/1/2017), kabarnya 13 di antaranya akan segera dibuka.

Indonesia termasuk ke dalam daftar bangunan nyentrik yang akan dibuka segera tersebut. Berikut ulasan selengkapnya.

1. Stasiun Kereta Api Cepat Napoli-Afragola, Napoli

Afragola High-Speed Train Station. (Zaha Hadid Architect/CNN)

Arsitek terkemuka dunia berbasis di London, Zaha Hadid, membawa sebuah sentuhan patung ke dalam desain stasiun kereta api. Hal itu membuat cahaya terang akan terpancar di ujung terowongan yang sangat panjang tersebut.

Proyek jalur kereta ini menghubungkan Naples dan Roma.

Selain bertujuan sebagai stasiun kereta api, desain stasiun juga bertujuan untuk menggabungkan ruang publik, jalan umum, interior menenangkan, dan banyak cahaya alami.

Kabarnya sudah hampir 15 tahun proyek ini dikerjakan, dan mengalami beberapa kali penundaan.


2. Louvre Abu Dhabi, Uni Emirat Arab

Louvre Abu Dhabi. (Ateliers Jean Nouvel/ CNN)

Awalnya proyek ini dijadwalkan selesai di tahun 2012, namun mengalami penundaan karena beberapa sebab yang tak dipublikasikan. Dan baru bisa terlaksana tahun ini.

Bangunan ini dirancang oleh pemenang penghargaan arsitek, Atellers Jean Nouvel. Ia membangun dengan anggaran 2,4 miliar AED (653,4 juta dolar), terinspirasi dari geografi dan sejarah daerah tersebut -- seperti kubah logam berlubang menyelimuti museum yang menciptakan kelembutan dan cahaya menenangkan di dalam koridor.

3. Rumah LEGO, Bilund

LEGO House. (Bjarke Ingels Group)

Bangunan karya Bjarke Ingels Group (BIG) ini dirancang sedemikian rupa berdasarkan kemungkinan menciptakan bangunan dari blok-blok yang ada di desain LEGO. Salah satu contohnya, terdapat bangunan yang fondasinya terinspirasi dari penggunaan model LEGO super besar untuk menciptakan tingkat-tingkat yang berpautan dalam desain modular.

Setelah selesai, rumah LEGO diperkirakan mampu menjadi pusat komunitas pada umumnya. Terdiri dari kafe, taman bermain anak dan keluarga, alun-alun, dan tentu saja toko LEGO.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

China Hingga Afrika

4. Zeitz Museum of Contemporary Art Africa (Zeitz MOCAA), Cape Town

Zeitz Museum. (Heatherwick Studio)


Zeitz MOCAA adalah salah satu proyek museum paling ambisius pada 2017. Proyek di Afrika ini merupakan transformasi dari Grain Silo Complex yang bersejarah di tepi pantai Cape Town.

Luas bangunan ini mencapai 100.000 kaki persegi, menjadikannya salah satu museum yang terbesar di Afrika.

Bangunan ini merupakan karya Heatherwick Studio yang berbasis di London. Mereka menyematkan beberapa elemen bersejarah dari bangunan, seperti beragam tabung beton yang besar yang terlihat dari ruang atrium besar.

5. Pedesaan Gunung Huangshan, Anhui

Huangshan Mountain Village. (Courtessy Mao Architects)

Seperti lukisan China kuno, arsitek MAD menciptakan tempat itu serupa dengan sebuah desa di sisi Danau Taiping.

Rumah-rumah di sana terlihat seperti kapsul dan pegunungannya terbuat dari logam.

Proyek ini bertujuan untuk meniru topografi lokal dari wilayah pegunungan ikonik dan membawa Huangshan ke dalam era masyarakat modern. Selain itu, juga meniru daerah perbukitan bergelombang dan perkebunan teh yang berjenjang.

Tinggi rendah bangunan di area perbukitan dan perkebunan teh yang mencapai 200 kaki, akan digunakan untuk kepentingan publik dan swasta termasuk lokasi untuk acara, hotel, dan perumahan.

6. The Silo, Kopenhagen

The Silo. (Rasmus Hjortshouj-Coast)

Proyek ini berlokasi di Denmark dan merupakan karya perusahaan arsitektur COBE.

Perusahaan tersebut telah menetapkan untuk menata kembali The Silo yang merupakan wadah penyimpanan bersejarah untuk biji-bijian, dengan mengubah lingkungan industri sekitarnya.

Nantinya area ini dilengkapi dengan apartemen, ruang pameran dan restoran dengan pemandangan panorama di lantai teratas.

Proyek ini diharapkan mampu menjadi 'jantung' dari gaya hidup baru di Kopenhagen. Selain itu, demi menjaga warisan yang ada, di desain dengan interior berupa bahan mentah dari industri dengan banyak menggunakan semen, pilar, dan langit-langit tinggi.

7. Guardian Art Center, Beijing

Berada di samping arsitektur kuno di Beijing, proyek seluas 68.027 kaki persegi ini akan memberikan tampilan yang baru berkat arsitektur perusahaan internasional, Buro Ole Scheeren.

Sebagai rumah lelang tertua di China, proyek ini dicanangkan untuk menarik minat sekitarnya dengan konsep lama dipoles pendekatan baru. Hasil dari proyek ini adalah karya dengan inspirasi pixel, balok-balok kaca berukuran besar yang melengkapi warna dan tekstur lorong-lorong dan halaman bersejarah di Beijing.

Selain itu, proyek ini tidak hanya berkaitan dengan seni saja, melainkan juga ruang hybrid yang menggabungkan beberapa restoran, hotel dengan 120 kamar, dan fasilitas pendidikan.

3 dari 4 halaman

Maroko Hingga Spanyol

8. Yves Saint Laurent Musee, Marrakech

Yves Saint Laurent Musee. (Studio KO)

Museum ini akan menjadi salah satu dari dua museum yang didedikasikan atas karya Yves Saint Laurent tahun 2017 ini, bersamaan dengan pembukaan lainnya di Paris.

Karya di Maroko ini merepresentasikan kecintaan sang desainer dengan Maroko sebagai rumah kedua yang dimilikinya.

Dirancang oleh perusahaan arsitektur Prancis, Studio KO, proyek ini terinspirasi dari karya YSL yang berdesain bersih dan kurva dari siluet wanita. Melihat kemiripan di tepi bulat bagian muka bangunannya, sepertinya diatur dalam kisi-kisi batu bata, tidak seperti benang kain.

9. Blavand Bunker Museum, Blavand

Blavand Bunker Museum. (Bjarke Ingels Group)

Museum ini merupakan karya Bjarke Ingels Group (BIG), dengan sentuhan yang selalu menarik. Para arsitek berencana meresmikan museum itu di Varde, Denmark.

Penamaan museum ini dirasa tepat karena bangunan secara harfiah terintegrasi ke sisi dari tanggul militer Jerman dan dikelilingi oleh bukit-bukit. Selain itu, agar bangunan seluas 26.909 kaki persegi ini lebih segar, BIG membangun halaman terbuka yang bila dilihat dari atas terlihat dari atas.

10. Centro Botin, Cantabria

Centro Botin, Cantabria. (Renzo Piano Building Workshop)

Bangunan di pantai utara Spanyol ini merupakan sebuah proyek baru dari pameran bangunan oleh Renzo Piano, bekerjasama dengan Madrid Luis Vidal dan para arsitek. Tempat ini adalah ruang untuk budaya, seni, pendidikan, dan rekreasi.

Meskipun demikian, siapa sangka bahwa lokasi ini dulunya adalah lahan parkir. Sehingga proyek ini bertujuan untuk menghubungkan kembali masyarakat dengan air dan mengubah industri dermaga. Menariknya, pusat proyek akan dibangun dengan proporsi 50:50 di atas tanah dan menggantung di atas air.

4 dari 4 halaman

Jakarta Hingga New York

11. Museum Seni Modern dan Kontemporer (MACAN), Jakarta

Museum of Modern and Contemporary Art. (MET Studio)

MACAN atau Museum of Modern and Contemporary Art ini dilansir akan menjadi museum seni kontemporer internasional pertama yang segera diluncurkan tahun 2017 ini. Dirancang oleh perusahaan yang berbasis di London, Met Studio.

Desain MACAN akan menghadirkan beragam koleksi berupa 800 karya yang menampilkan karya-karya dari Indonesia, Amerika Serikat, Eropa Barat, dan Asia.

12. Zhangjiajie Grand Canyon Glass Bridge, Zhangjiajie

Grand Canyon Glass Bridge. (Fred Dufour)


Perusahaan arsitektur Israel, Haim Dotan, adalah perancang proyek ini. Mereka terinspirasi dari film Avatar dan dunia fiksi yang ada di dalamnya sehingga tercipta sebuah jembatan tangguh terbuat dari panel kaca.

Jembatan itu mampu menahan hingga 800 pengunjung pada satu waktu.

Sebenarnya Agustus 2016 lalu jembatan ini sudah dibuka untuk umum, namun sayangnya ditutup sementara karena padatnya pengunjung yang tidak dapat diantisipasi pada waktu itu.

Oleh karena itu, tahun 2017 proyek ini akan kembali dibuka dengan menampilkan jembatan pejalan kaki terpanjang terbentang diatas 1.250 kaki dan melayang hampir 1.000 kaki di atas Zhangjiajie Grand Canyon (Warisan Situs Dunia, UNESCO). Proyek ini ditaksir menghabiskan dana 3,4 juta dolar.


13. 520 west 28th Street, New York

520 west 28th Street, New York. (James Ewing)

Bangunan pada alamat tersebut di New York merupakan sebuah perumahan yang dirancang oleh pemenang penghargaan Pritzker Prize, Zaha Hadid.

Desain bangunan ini dapat terlihat indah dari sudut pahatan yang menawan, teras, taman-taman luar ruangan, dan yang melapisi di sekitar jendela. Selain itu, lokasi bangunan ini terbilang strategis dimana berada di sekitar museum Whitney yang baru dibuka dan ruang terbuka Culture Shed di Yard Hudson.

Bangunan apartemen mewah ini diharapkan mampu mencapai 50 juta dolar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.