Sukses

Komorowski Berjanji Tarik Pasukan Polandia dari Afghanistan

Presiden sementara Bronislaw Komorowski berjanji menarik pasukan Polandia dari Afghanistan pada 2012.

Liputan6.com, Warsawa: Presiden sementara Polandia Bronislaw Komorowski berjanji menarik pasukan dari Afghanistan pada 2012. Janji ini diucapkan Komorowski saat kampanye menjelang putaran pemilihan umum kedua, di Warsawa, Selasa (22/6).

Kepada media, Komorowski mengatakan jika terpilih dalam pemilu mendatang ia berencana menarik 2.600 pasukan Polandia pada 2011 nanti, mengakhiri misi di Afghanistan tahun berikutnya.

"Saat ini adalah waktu yang tepat guna mencari solusi yang lebih manusiawi dibandingkan aksi militer dan hal itu akan disampaikan dalam pertemuan NATO (Pakta Pertahanan Atlantik Utara) mendatang," imbuh Ketua Parlemen itu.

Pernyataan Komorowski tampaknya sejalan dengan keinginan Presiden Amerika Serikat Barack Obama. Pemimpin aksi militer NATO di Afghanistan itu juga menginginkan mulai menarik pasukan AS pada Juli tahun depan.

Saat ini perjalanan Komorowski menuju kursi kepresidenan belumlah mulus. Walaupun lolos dalam putaran pertama, presiden ad interim ini akan berhadapan dengan Jaroslaw Kaczynski, saudara kembar mendiang Presiden Lech Kaczynski. Adapun pemilu putaran kedua direncanakan berlangsung 4 Juli mendatang.(ADI/ANS/AP)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.