Sukses

Foto Penampakan Misterius Saat Bulan Purnama, Hantu?

Liputan6.com, Jakarta - Beredar foto yang menampilkan penampakan -- yang menurut sebagian orang mengerikan -- saat malam bulan purnama. Hal itu memicu ketakutan dan 'melahirkan' teori keberadaan hantu di situs Reddit.

Foto pertama yang diunggah menunjukkan pemandangan rumput di halaman kosong dan bulan purnama di langit. Sementara di gambar kedua -- yang menunjukkan situasi yang sama, memperlihatkan sesosok makhluk berukuran kecil tengah berjalan di atas rumput.

Pengunggah dengan akun MeTarzanYouJane di situs Reddit, dilaporkan sengaja memposting dua gambar di website dan meminta pengguna lain untuk membantunya mencari tahu apa gerangan sosok itu foto itu.

Dia juga meyakinkan, bahwa foto-foto itu tak diedit dan tak ada noda pada lensa saat memotret.

"Foto-foto ini diambil secara berurutan pada malam bulan purnama dengan ukuran tak biasa. Menggunakan mode berurutan, sekitar dua detik," tulis si pengunggah foto.

"Menjadi skeptis bagiku memiliki waktu untuk mengedit fotonya; tapi anggota keluarga dari generasi tua ini bahkan belum pernah mendengar tentang program edit tersebut."

"Beberapa hal yang saya perhatikan dari foto tersebut, apapun sosok itu tak terlihat oleh mata telanjang meskipun berada akira-kira hanya 3 meter di depan dan menghasilkan bayangan."

"Fakta bahwa itu menghasilkan bayangan, membuat saya mengesampingkan kemungkinan ada sesuatu seperti noda pada lensa...".

Pengunggah mengatakan bahwa makhluk itu tak terlihat oleh fotografer, dan hanya terlihat dari hasil gambar.

Sementara beberapa komentator di situs Reddit bersikeras bahwa gambar itu telah diedit dengan Photoshop. Lainnya mengklaim tak ada ciri-ciri telah dieditdan tak ada cara untuk menjelaskan penampakan sosok mengerikan itu.

Beberapa pengguna menyebut penampakan itu hasil dari rolling shutter, yang digunakan untuk mengambil foto saat malam hari.

Menurut keterangan si pengunggah, keluarga yang mengambil foto itu lantas memasang kamera dengan sensor gerak sejak mendapati 'penampakan'. Alasannya, untuk melihat apakah mereka bisa mendapatkan gambar yang lebih baik makhluk mengerikan itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini