Sukses

Pesawat Tersambar Petir Setelah Lepas Landas dari Bandara

Berikut ini rekaman amatir detik-detik saat pesawat tersambar petir.

Liputan6.com, Moskow - Sebuah pesawat tersambar petir tak lama setelah lepas landas dari bandara di Rusia. Momen tersebut terekam oleh kamera amatir.

"Pesawat Boeing 747 itu baru saja meninggalkan Bandara Internasional Moskow Vnukovo, ketika sambaran kuat petir muncul dari langit dan menyambar kapal terbang itu," demikian dilaporkan The Sun yang dikutip dari News.com.au, Senin (16/1/2017).

Dalam video yang beredar di dunia maya, pemandangan saat jet penumpang disambar petir sesaat setelah lepas landas terlihat sangat mengerikan. Para penumpang yang baru mengudara beberapa menit untuk penerbangan dua jam ke Sochi pada tanggal 2 Januari, pasti merasa ketakutan.

Seorang storm chaser, Julia Musina mengatakan: "Insiden itu cukup menakutkan dilihat dari darat. Orang-orang di pesawat pasti merasa sangat gugup jika mereka melihat apa yang terjadi.

"Pesawat sepertinya tak terpengaruh. Ini tak baik untuk penumpang yang gugup atau mudah cemas. Take off menjadi saat yang paling menakutkan," imbuh Musina.

"Teman saya merekam pemandangan mengerikan itu dan memberikannya kepada saya untuk dibagikan. Kami mengikuti perubahan cuaca yang dramatis," jelas Musina.

Sesampainya di Bandara Internasional Sochi, staf kemudian memeriksa pesawat apakah terjadi kerusakan pasca-sambaran petir.

"Pilot dan kopilot telah diwawancarai dan pesawat tengah menjalani pemeriksaan teknis," papar seorang juru bicara bandara.

"Setibanya di bandara tujuan di bagian post-flight inspection, ditemukan jejak kerusakan yang disebut atmospheric electricity discharge," imbuh jubir tersebut.

Berikut detik-detik saat pesawat tersebut tersambar petir:

Ini bukan pertama kalinya sebuah jet penumpang disambar petir pada pertengahan penerbangan.

Tahun lalu sebuah pesawat JetBlue menuju ke Bermuda dari bandara JFK New York juga disambar petir. Kapal terbang yang membawa 119 orang itu akhirnya mendarat darurat.

Baru-baru ini sebuah pesawat Flybe dari Manchester ke Amsterdam juga dialihkan kembali ke bandara asal, setelah kapal terbang itu terkena sambaran petir pada November 2016 lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.