Sukses

Beli Kaus di Changi, Turis RI Dapat 1 Juta Dolar Singapura

Ade Iskandar Roni dari Jakarta memenangkan undian jackpot sebesar 1 juta dolar Singapura atau senilai Rp 9,3 miliar.

Liputan6.com, Singapura - Dalam perjalanannya ke Singapura pada Oktober 2015, Ade Iskandar Roni membeli sebuah kaus Adidas seharga 51 dolar Singapura untuk sahabatnya.

Oleh-oleh untuk sang sahabat rupanya berbuah manis. Ia memenangkan undian jackpot sebesar 1 juta dolar Singapura.

Pada Minggu 15 Januari 2017 lalu, ia dimahkotai "Changi Millionaire" baru. Demikian seperti dikutip dari AsiaOne, Senin (16/1/2017).

Ade yang mengaku dari Jakarta Selatan itu mengalahkan tujuh finalis lainnya dalam tiga ronde permainan.

"Saya sangat senang sekaligus gugup. Badan saya gemetar. Seperti mimpi," kata Ade.

Pria berusia 39 tahun itu mendapat hadiah yang jika dikonversi senilai Rp 9,3 miliar.

"Saya ingin membawa seluruh keluarga ke Mekah. Mungkin beli rumah, beli mobil baru," ujarnya. Ade yang memiliki lima anak berencana membawa keluarga besarnya sejumlah 40 orang berhaji.

Adapun finalis lainnya berasal dari India, Australia, Uni Emirat Arab, Malaysia, Indonesia dan Singapura. Masing-masing mendapat 5.000 dolar.

Bandara Changi menampung para finalis di hotel selama tiga hari acara itu.

Menarik Belanja di Changi

Acara undian itu adalah gagasan Bandara Changi untuk meraih banyak turis belanja di bandara. Program tersebut sudah dimulai dari 2010. Tiap tahunnya ada satu jutawan baru yang muncul.

Untuk mengikuti undian berhadiah itu, para turis wajib belanja di salah satu toko atau restoran di Changi. Minimal 50 dolar untuk satu kuitansi jika ingin ikut jackpot tersebut.

Ade berhak mengikuti undian itu. Setelah dikocok, nama Ade dan tujuh finalis  terpilih. Mereka kemudian diundang ke Bandara Changi untuk memperebutkan hadiah 1 juta dolar itu. 

Selain menganugrahi Ade sebagai miliarder baru, pihak Changi mengatakan total transaksi tahun 2016 mencapai 2,3 miliar dolar. Naik 5 persen dari tahun 2015.

Bandara itu menjelaskan, ada 50 juta transaksi di Changi. Paling banyak turis China yang bertransaksi dengan angka 30 persen. Sisanya dari Singapura 20 persen. Lalu, Indonesia, India dan Australia.

Parfum, kosmetik dan minuman keras paling populer dibeli oleh para turis.

Untuk Ade Iskandar Roni, pembelian kaus Adidas menjadi pembelian paling berharga untuknya.

"Saya masih tak percaya mendapatkan 1 juta dolar Singapura..."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.