Sukses

Geger Cetakan Lambang Swastika di Sol Sepatu Bot Militer

Salah seorang pelanggan membeli sepatu itu dan sadar cetakan solnya berupa lambang swastika.

Liputan6.com, California - Sebuah perusahaan pembuat sepatu di California terpaksa menarik seluruh produk sepatu bot militer. Hal itu mereka lakukan setelah seorang pelanggan sadar bahwa solnya berlambang swastika.

Jenis Polar Fox ditarik oleh Conal International Trading Inc., setelah pengguna Reddit memamerkan bahwa sol sepatunya jika dicetak ke permukaan berpasir ataupun di tanah, akan membuat lambang Nazi. Sadar akan kesalahan, perusahaan tersebut menarik seluruh bot jenis itu dan mengeluarkan pernyataan maaf.

"Kami telah mengeluarkan pernyataan permintaan maaf untuk para pelanggan dan siapa pun yang merasa tersinggung dengan lambang cetakan swastika," kata pernyataan perusahaan itu seperti dikutip dari News.com.au, Minggu (15/1/2017).

"Desain itu tak bermaksud mencetak lambang swastika dan kesalahan dibuat oleh pabrik kami di China," lanjutnya.

Perusahaan itu juga menambahkan bahwa mereka tak pernah mempromosikan diskriminasi atau kebencian apapun.

Adapun pria yang mengunggah hasil temuannya di Reddit mengatakan, "Aku tak melihat detail ketika memesan sepatu itu secara online. Namun, ketika ku pakai dan ku pijak di tanah, aku baru sadar, ternyata sol sepatu itu menghasilkan lambang tersebut."

Ia pun mengunggahnya di Reddit. Fotonya telah dilihat 3 juta kali dan banyak komentar konyol atas gambar itu.

"Terlihat nyaman tampaknya. Nein out of ten," tulis salah satu akun. Nein di sini merujuk pada bahasa Jerman.

Juga ada yang menulis, "Aku juga menyukai sepatu itu, membuatku seperti di kampfort zone." Yang lain berkomentar, "Heily recommended."

Kampfort dan Heily merujuk pada kamp dan hail yang berarti kamp mengingatkan pada Auschwitz dan 'Hail Hitler'.

Sepatu bergaya militer itu juga dijual di Amazon. Namun, sudah hilang dari peredaran.

Liga Anti-Defamasi Yahudi mengatakan dalam pernyataannya bahwa organisasinya telah mengontak perusahaan yang bersangkutan setelah isu itu meluas. Namun, alih-alih mengaku salah, organsisasi itu mengklaim perusahaan menjelaskan bahwa swastika di sepatu itu merupakan simbol Budha.

Dalam bahasa Sansekerta, swastika berarti sejahtera dan digunakan sebagai simbol keberuntungan sebelum akhirnya digunakan Nazi.

"Organisasi kami menegaskan kepada perusahaan bahwa swastika adalah simbol yang paling signifikan dari supremasi kulit putih dan anti-Semitisme, dan apakah disengaja atau tidak, penggunaan simbol pada bot itu sangat ofensif," kata pernyataan Liga.

Pengguna Reddit juga menyadari bahwa sebenarnya ada kesamaan lain selain swastika dengan Nazi untuk bot itu.

Sepatu bot itu berbagi nama dengan operasi militer Perang Dunia II, yaitu Polarfuchs, atau Polar Fox. Saat itu, tentara Jerman dan Finlandia ditangkap Soviet di daerah Salla, Finlandia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.