Sukses

Berkat Unggahan Status, Bayi yang Hilang 18 Tahun Ditemukan

Kamiyah Mobley yang diculik pada Juli 1998, ditemukan setelah beberapa petunjuk.

Liputan6.com, South Carolina - Polisi Florida mengungkap kasus penculikan bayi di Jacksonville yang terjadi 18 tahun silam. Anak perempuan yang diambil dari rumah sakit itu kini dalam kondisi sehat dan tinggal di South Carolina, Amerika Serikat.

"Seorang perempuan yang diculik ketika masih bayi baru lahir dari sebuah rumah sakit di Jacksonville, Florida, ditemukan hidup di South Carolina setelah lebih dari 18 tahun," kata polisi seperti dikutip dari BBC, Sabtu (14/1/2017).

Kamiyah Mobley diculik pada Juli 1998, ditemukan setelah ada petunjuk yang jelas mengarah padanya.

Pihak berwenang di Walterboro, South Carolina kemudian menjerat Gloria Williams yang berusia 51 tahun dengan kasus penculikan lalu menahannya.

Selama ini, Mobley menggunakan nama lain dan mempercayai Williams sebagai ibunya.

Keluarga biologis Mobley telah diberitahu mengenai ditemukannya Mobley dan penangkapan penculiknya.

Kantor Jacksonville Sherriff mengatakan tes DNA telah mengonfirmasikan identitas Mobley sebenarnya. "Kesehatannya baik, seperti gadis normal berusia 18 tahun," kata polisi.

Kepolisian setempat mengatakan telah mendapatkan 2.500 petunjuk sejak penculikan itu, dan menerima informasi setahun lalu dari unggahan status @MissingKids yang akhirnya memecahkan kasus penculikan ini.

Akun tersebut menunjukkan gambar sketsa si penculik.

Menarik Perhatian Media Massa

Bayi Mobley kala diculik baru berusia 8 jam setelah dilahirkan.

Saat itu seorang wanita yang menyamar sebagai petugas kesehatan di University Medical Center -- sekarang dikenal sebagai UF Health Jacksonville -- membawanya. Wanita itu mengatakan kepada ibu Mobley, Shanara, bahwa bayinya demam dan perlu diperiksa.

Dia mengambil si bayi dan tak kembali sejak itu.

Kasus ini menarik perhatian media massa karena Shanara mencoba mencari keberadaan sang anak dengan berbagai cara. Ia tampil di beberapa media untuk memberitahukan kasus tersebut.

Dilansir dari CNN, Shanara Mobley bahkan mendapatkan US$ 1,5 juta atas gugatan kehilangan sang bayi dari University Medical Center.

Keluarga biologis Mobley telah diberitahu tentang kabar gembira ini. Namun kantor Sherif Jacksonville mengatakan kini semuanya diserahkan kepada mereka.

"Terserah korban bagaimana akan melakukan kontak dengan keluarganya. Sebab ia kini sudah dewasa...," demikian jelas kantor sherif.

"Dia diculik ketika bayi baru lahir dan butuh waktu untuk memproses ini. Kami ingin menghormati privasinya dan kami meminta Anda menghormatinya," ujar Mike Williams.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.