Sukses

Fotografer Andal, Mantan Suami Putri Margaret Meninggal

Ratu Inggris mengaku sedih mendengar berita kematian Lord Snowdon yang merupakan seorang fotografer handal.

Liputan6.com, London - Mantan suami Putri Margaret dari Inggris, Lord Snowdon, meninggal dunia pada usia 86 tahun. Sang putri sudah wafat lebih dulu pada 2002.

Menurut Camera Press dilansir dari BBC, Sabtu (14/1/2017), pria yang dikenal sebagai fotografer dan pembuat film itu mengembuskan napas terakhir dengan tenang di rumahnya pada Jumat 13 Januari waktu setempat.

Pihak Buckingham Palace mengatakan Ratu Inggris telah diberitahu kabar duka tersebut.

Menurut koresponden BBC, Nicholas Witchell, Ratu Elizabeth II sedih mendengar berita kematian Lord Snowdon. Dia menambahkan, Snowdon memang dikabarkan sakit sejak lama sebelum meninggal dunia.

Snowdon yang terlahir dengan nama Anthony Armstrong-Jones, adalah seorang fotografer dan pembuat film ketika menikah dengan putri Margaret pada 1960. Pernikahan kerajaan mereka merupakan yang pertama diliput televisi.

Ia merupakan juru foto sukses di Inggris dan salah satu anggota keluarga kerajaan yang punya pekerjaan di luar tugas kerajaan.

Dia diberi gelar Earl of Snowdon setahun setelah menikah, dan sebulan sebelum putra mereka yang pertama, David, lahir.

Namun hubungan pernikahan tersebut tak bisa dipertahankan, Snowdon dan Putri Margaret bercerai pada 1978. Kendati demikian, dia tetap menjaga hubungan baik dengan mantan istrinya dan keluarga kerajaan.

Snowdon bahkan bekerja sebagai fotografer untuk Buckingham Palace, meski sudah bercerai dengan Putri Margaret.

Dilansir dari VOA News, sulit bagi Snowdon mengubah kehidupan sebagai seniman dan anggota dari dunia seni London menjadi seorang anggota kerajaan dengan segala macam tata kramanya. Sahabat-sahabatnya mengatakan Lord Snowdon kelihatan lebih gembira setelah perceraian karena tak terkekang dengan aturan tersebut.

Selain menjadi fotografer, Snowdon juga bekerja untuk mendesain kandang burung untuk Kebun Binatang London dan menciptakan kursi roda listrik.

Pertemuan dengan Sang Pujaan Hati

Snowdon memulai kariernya sebagai fotografer untuk majalah Tatler pada 1952, yang membuatnya bertemu dengan sang pujaan hati, Putri Margaret melalui karyanya.

Ia kerap memotret orang-orang ternama, termasuk Putri Diana, Princess of Wales, Jack Nicholson, Elizabeth Taylor dan David Bowie selama kariernya.

Semasa hidup, Snowdon pernah dua kali menikah. Ia melabuhkan cinta yang pertama dengan Putri Margaret selama 18 tahun. Setelah bercerai, ia menikahi peneliti BBC, Lucy Mary Lindsay-Hogg pada 1978 hingga 2000.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini