Sukses

Menengok Perayaan Old New Year Rusia di Jakarta

Perayaan Old New Year jatuh setiap tanggal 14 Januari tiap tahunnya.

Liputan6.com, Jakarta - Rusia punya tradisi menarik di negaranya. Mereka biasa merayakan Old New Year atau perayaan tahun baru yang lama.

Old New Year setiap tahun di kalender Masehi dirayakan pada 14 Januari.

Perayaan ini merupakan pergantian tahun baru di dalam penanggalan Rusia lama yang memakai kalender Julian. Saat ini Negeri Beruang Merah sama seperti mayoritas negara di dunia menggunakan penanggalan masehi.

Dijelaskan Direktur Pusat Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan Rusia, Glinkin Vitaly, penanggalan Julian dipakai sebelum 1918. Merayakan Old New Year sudah jadi budaya mereka meski tidak lagi menggunakan kalender Julian.

"Kami terus merayakan tradisi Old New Year," sebut Vitaly di Pusat Kebudayaan Rusia di Jakarta, Jumat (13/1/2017).

Perayaan Old New Year Rusia di Jakarta (Foto: Andreas Gerry)

Tidak cuma di negara tersebut, Vitaly menjelaskan warga Rusia di Indonesia khususnya di Jakarta juga ikut merayakan tradisi Old New Year ini.

Pada 2017, perayaan Old New Year diselenggarakan di Pusat Kebudayaan Rusia yang terletak di Jalan Pangeran Diponegoro Jakarta Pusat.

Selain merayakan Old New Year, di tempat tersebut secara bersamaan turut digelar peringatan Natal.

Di Rusia, menurut kalender Julian, Natal dirayakan setiap 7 Januari.

Rangkaian acara kali ini diisi dengan kegiatan pementasan drama Natal serta tari-tarian. Seluruh pengisi acara tersebut ialah anak-anak dari Rusia dan beberpa negara Eropa Timur lain yang menetap di Jakarta.

Perayaan acara ini pun berlangsung begitu meriah. Kecerian semakin terlihat ketika di tengah drama, sinterklas khas Rusia datang.

Berpakain serba biru dan membawa tongkat kehadiran Sinterklas Rusia langsung disambut teriakan gembira dari anak-anak tersebut.

Sinterklas tersebut pun menghampiri anak-anak yang jumlahnya puluhan tersebut dan membagikan cokelat sebagai tanda terima kasih karena telah menampilkan drama dan tari-tarian begitu indah dalam acara perayaan tahun baru dan natal ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • negara yang berada di wilayah Eropa, serta merupakan negara terluas di dunia
    negara yang berada di wilayah Eropa, serta merupakan negara terluas di dunia

    Rusia

  • Tahun baru adalah suatu perayaan di mana suatu budaya merayakan berakhirnya masa satu tahun dan menandai dimulainya tahun yang baru.

    Tahun Baru

Video Terkini