Sukses

Tentara Suriah Tuding Israel Tembakkan Roket ke Bandara Militer

Tentara Suriah sebut Israel telah menembakkan roket ke bandara militer dekat Damaskus yang mengakibatkan kebakaran.

Liputan6.com, Damaskus - Komando tentara Suriah mengatakan bahwa Israel menembakkan roket ke sebuah bandara militer di barat Damaskus. Ia memperingatkan Tel Aviv akan akibat atas serangan "mencolok" tersebut.

Televisi pemerintah mengutip pernyataan militer yang mengatakan, sejumlah roket ditembakkan dari sebuah area di dekat Danau Tiberias di Israel utara setelah lewat tengah malam. Roket tersebut mendarat di kompleks bandara yang merupakan pangkalan udara untuk Garda Republik.

"Komando tentara Suriah dan pasukan bersenjata memperingatkan Israel akan akibat dari serangan mencolok, dan menekankan pertempuran lanjutan terhadap terorisme...," ujar komando militer dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari The Guardian, Jumat (13/1/2017).

Pernyataan itu tak mengungkap apakah terdapat korban jiwa. Namun, roket tersebut menyebabkan kebakaran.

Sebelumnya, televisi pemerintah mengatakan bahwa sejumlah ledakan menghantam kompleks bandara militer Mezzeh di dekat Damaskus. Laporan itu juga menyebutkan terdapat sejumlah ambulans yang bergegas ke daerah itu, tanpa memberikan detail lebih lanjut.

Bandara yang terletak di barat daya Damaskus, menjadi pangkalan yang digunakan untuk menembakkan roket ke bekas daerah yang dikuasai pemberontak di pinggiran kota Damaskus.

Pada masa lalu, Israel menargetkan kelompok Hizbullah yang berada di Suriah. Kelompok yang didukung Iran itu memiliki banyak keterlibatan dalam berperang bersama pemerintah Suriah.

Para pejabat pertahanan Israel telah menyuarakan keprihatinan atas peran Hizbullah dalam perang sipil Suriah. Kelompok tersebut memainkan peranan signifikan, dan baru-baru ini membantu tentara Suriah untuk merebut kembali Aleppo timur.

Bandara Damaskus juga pernah mendapat serangan udara pada 2013. Namun Tel Aviv tak menegaskan maupun menyangkal atas keterlibatan melakukan serangan di dalam Suriah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini