Sukses

Terima Penghargaan dari Obama, Joe Biden Menitikkan Air Mata

Barack Obama memberi wakil presidennya, Joe Biden, penghargaan kehormatan sipil tertinggi negara, Presidential Medal of Freedom.

Liputan6.com, Washington DC - Presiden Barack Obama membuat kejutan kepada wakil presidennya, Joe Biden, dengan memberikan pria yang telah mendampinginya selama delapan tahun itu penghargaan kehormatan sipil tertinggi negara, Presidential Medal of Freedom.

"Untuk kepercayaan Anda terhadap sesama rakyat Amerika, untuk cinta Anda kepada negara, dan untuk dedikasi seumur hidup Anda yang akan bertahan dari generasi ke generasi, saya meminta ajudan militer untuk bergabung dengan kami di atas panggung," ujar Obama dalam upacara di Gedung Putih, Kamis 12 Januari 2017 waktu setempat.

"Untuk terakhir kalinya sebagai presiden, dengan senang saya memberi penghargaan sipil tertinggi bangsa kita, Presidential Medal of Freedom," imbuh Barack Obama.

Saat mendengar mendapat penghargaan tersebut, Biden terlihat emosional dan matanya berkaca-kaca. Ia pun membalik badan dan mengusap air matanya saat mendengar pengumuman itu.

"Saya tidak pantas menerimanya, tapi saya tahu ini datang dari hati presiden," kata Biden setelah menerima penghargaan.

Sebelum memberi kejutan kepada Biden dengan memberikan penghargaan tersebut, Obama menyampaikan kata-kata yang memuji Biden, istrinya Jill, anak-anak, dan cucunya.

"Ini adalah keluarga yang membangun negara ini," kata Obama.

Seperti dikutip dari CNN, Jumat (13/1/2017), pria kelahiran 4 Agustus 1961 itu menyebut, meski dirinya dan Biden akan segera mengakhiri jabatannya, keduanya akan terikat seperti keluarga.

"Jika Anda tak dapat mengagumi Joe Biden, Anda punya masalah," ujar Obama mengutip senator Partai Republik. "Ia adalah pria baik yang Tuhan pernah ciptakan," ujar dia.

Joe Biden, yang terlihat sangat terkejut saat upacara tersebut, mengaku tak memiliki firasat atas hal itu. Ia mengatakan dirinya akan hadir untuk berkumpul dengan staf senior, first lady, dan istrinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.