Sukses

Terkuak, Misteri Lingkaran Es Berputar di Sungai Michigan

Liputan6.com, Lansing - Sebuah fenomena alam unik di sebuah sungai di Michigan, terekam oleh kamera seorang warga bernama Jason Robinson. Dalam video tersebut terlihat es berbentuk lingkaran sempurna, berputar di atas permukaan air.

"Aku pernah melihat sejumlah hal keren di hutan -- hal-hal yang tak pernah disangka sebelumnya," ujar Robinson kepada Michigan Entertainment.

Fenomena itu telah diketahui selama lebih dari satu dekade. Alasan di balik berputarnya lingkaran es tersebut itu pun membingungkan para ilmuwan.

Pada awalnya, berputarnya lingkaran tersebut diyakini disebabkan pusaran atau arus di sungai yang mendorong es. Namun sejumlah lingkaran es yang diteliti memiliki lebar 16 meter, di mana arus sungai tak dapat membuat es sebesar itu berputar.

Dalam artikel yang dipublikasi di Physical Review E pada Juli tahun lalu, ilmuwan dari Liege Univeristy di Belgia menggunakan magnet untuk menyimulasikan kondisi tersebut.

Dengan menggunakan cawan petri, mereka menemukan bahwa lingkaran es akan mulai berputar akibat melelehnya es, meski tak terdapat arus.

Ketika Robinson kembali lagi ke tempat tersebut satu hari setelahnya, pinggiran lingkaran es telah membeku dan membuatnya berhenti berputar.

Seperti dikutip dari Daily Mail, Kamis (12/1/2017), bukan kali ini saja fenomena langka telah tertangkap kamera. Pada tahun 2013, lingkaran es berputar ditemukan di Sungai Sheyenne, North Dakota, oleh George Loegering.

Lempengan es berputar di sebuah sungai di North Dakota (AP)

"Waktu pertama kali aku lihat, tidak mungkin! Itu hal yang tak nyata. Kamu melihat itu dan berpikir, bagaimana itu bisa terjadi?" ujar pensiunan insinyur berusia 73 tahun itu.

Loegering yang memperkirakan bahwa lingkaran itu berukuran 16 meter, memotretnya dan merekam fenomena itu dan menunggahnya ke dunia maya untuk mendapat informasi lebih.

Ahli hidrologi National Weather Service di Bismarck, Allen Schlag, dan meteorolog di Grand Forks, Greg Gust, mengatakan bahwa kombinasi suhu dingin, udara padat, dan pusaran arus memungkinkan terbentuknya lingkaran.

"Itu sangat indah," ujar Schlag.

"Itu bukan lingkaran es padat, itu adalah gabungan dari balok es," imbuh dia.

Walaupun fenomena tersebut bukan hal aneh di Arktik, Skandinavia, dan Kanada, namun menjadi hal yang langka di tempat lain.

Biasanya lingkaran es itu terjadi di tikungan sungai di mana kecepatan air menciptakan gaya 'rotational shear', yang mematahkan bongkahan es dan memutarnya. Saat lingkaran berputar, permukaan es perlahan menghalus dan membuatnya menjadi lingkaran sempurna.

"Aku tak yakin berapa lama lingkaran itu berputar. Mungkin dalam waktu yang cukup lama," ujar Loegering.

"Jika kamu melihat gambar, kamu akan melihat pertumbuhan lingkaran," imbuh dia ketika menjelaskan fenomena alam unik tersebut.

Berikut video lingkaran es yang berputar di sebuah sungai di Michigan:

Artikel Selanjutnya
Selain Hujan di Tebet, Ini 6 Fenomena Alam Misterius Lainnya
Artikel Selanjutnya
Ilmuwan Temukan Kembali Fosil Naga Laut Terbesar di Dunia