Sukses

Ini 3 Budaya Kebanggaan RI yang Tampil di Video Band Coldplay

Coldplay mengatakan video yang menampilkan tiga kebudayaan Indonesia itu merupakan hasil kiriman dari berbagai fans di seluruh dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Band Coldplay meluncurkan proyek film bertajuk "Amazing Day". Pada klip tersebut, ternyata ada tiga kesenian atau kebudayaan Indonesia yang ditampilkan: tari Saman, tari Topeng, dan wanita berbalut pakaian khas adat Bali.

Dalam video berdurasi 4 menit 41 detik yang diunggah Coldplay Official dan Liputan6.com kutip Kamis (12/1/2017), band papan atas asal Inggris tersebut menampilkan kelompok penari Saman dengan kostum warna merah dan hijau.

Tarian asal Aceh, Tari Saman yang muncul di video

Penampilan kedua kebudayaan Indonesia yang muncul di proyek itu adalah pertunjukan tari Topeng yang dilakoni oleh dua penari di atas panggung. 

Tari Topeng Jawa yang muncul di video

Sementara berikutnya adalah penampakan dua wanita berpakaian adat khas Bali.

Penampakan wanita berkostum Bali di video klip COld Play. (Video Grab)

Band yang terdiri dari Chris Martin, Jonny Buckland, Guy Berryman, dan Will Champion itu mengatakan bahwa video tersebut merupakan hasil kiriman dari berbagai fans di seluruh dunia, atas permintaan mereka sebelumnya.

"On Nov 19 2016, we asked you to film your corner of the world. Watch the #ColdplayAmazingDay film on Facebook at http://smarturl.it/amazingdayvideo," posting Coldplay di akun Twitter resmi mereka ‏@coldplay.

Tayangnya kebudayaan Indonesia dalam video klip tersebut juga mendapat apresiasi dari banyak netizen bahkan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya.

"Hi @coldplay our Indonesian Minister of Tourism said, 'Thank You Coldplay' for featuring our cultures on your #ColdplayAmazingDay project :)," tulis akun @IDWantsColdplay.

"Wow ada tari saman & wayang orang," komentar Yonathan Adi Kurnia di akun ‏@yonadikurnia terkait video Amazing Day yang diunggah di Coldplay Indonesia @IDWantsColdplay.

"Monggo Pak Menteri @ir_ariefyahya dibantu @coldplay nya diundang ke tanah air tercinta @Kemenpar_RI #IndonesiaWantsColdplay," timpal akun @IDWantsColdplay.

Berikut ini rekaman proyek video Coldplay tersebut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.