Sukses

Kuba Rayakan Kemerdekaan di Makam Che Guevara

Kuba akan merayakan hari kemerdekaannya di samping makam Che Guevara sang gerilyawan legendaris Argentina-Kuba.

Liputan6.com, Havana: Kuba akan merayakan hari libur nasional pada tanggal 26 Juli di kota Santa Clara, di samping makam yang didedikasikan untuk gerilyawan legendaris Argentina-Kuba Ernesto Che Guevara, harian resmi Granma melaporkan pada Sabtu (19/6). Santa Clara adalah Ibu Kota Provinsi Villa Clara yang berada di tengah pulau dan provinsi ini dipilih menjadi tuan rumah peristiwa besar karena pembangunan sosial-ekonomi kota ini yang cukup berkembang.

Hari Pemberontakan Nasional pada tanggal 26 Juli adalah hari libur negara ini setiap tahunnya. Sejak kemenangan Revolusi Kuba, negara kepulauan yang sebelumnya dipimpin oleh Fidel Castro yang pertama kali dan kemudian digantikan oleh saudaranya Raul Castro, presiden saat ini.

Hari itu menandai serangan yang dipimpin oleh Fidel Castro di Barak Moncada di Santiago de Cuba pada tanggal 26 Juli 1953. Namun, serangan itu gagal, kemudian Castro dan penyerang lainnya berakhir di penjara, tetapi dikenang sebagai awal dari perjuangan bersenjata melawan rezim diktator Fulgencio Batista, yang akhirnya digulingkan oleh Fidel Castro dan pengikutnya pada 1 Januari 1959. Sayang Castro yang awalnya membawa angin baru bagi negaranya kini juga menjadi diktaktor sebagaimana rezim yang digulingkankannya.(Xinhua/DES/AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.