Sukses

Lewat Video, Selebritas Ungkap 'Kenangan' Mereka dengan Obama

The White House merilis video yang berisi momen-momen paling diingat sejumlah kalangan tentang Obama, tak terkecuali dari selebritas.

Liputan6.com, Washington DC - Donald Trump akan menjalani inagurasi sebagai presiden baru Amerika Serikat pada 20 Januari 2017. Hal tersebut pun menandai berakhirnya masa pemerintahan Barack Obama, presiden yang telah memimpin AS selama dua periode sejak 2008 silam.

Selama menjabat sebagai Presiden AS, Obama dikenal sebagai sosok inklusif yang merangkul semua kalangan. Banyak pihak pun menyebut Obama sebagai "presiden terkeren".

Sebagai bentuk penghargaan atas peran dan jejak yang telah ditorehkan Obama, Gedung Putih merilis sebuah video berjudul "Yes We Can: People Share Their Most Memorable Moments from the Obama Presidency".

Video tersebut berisi momen-momen yang paling diingat oleh sejumlah kalangan saat Obama menjabat sebagai presiden, tak terkecuali dari bintang film, musikus, filantropi, hingga legenda olahraga.

Salah satu penyanyi Amerika ternama, John Legend, turut memberikan komentarnya dalam video emosional berdurasi 5 menit 49 detik itu. "Aku tak pernah menangis sebelumnya dalam hasil pemilihan presiden," ujar Legend saat dirinya mengenang terpilihnya Barack Obama menjadi Presiden AS pada 2008.

Tatanan rambut Ibu Negara AS, Michelle Obama saat mendampingi Presiden AS Barack Obama dalam acara Kennedy Center Honors di Washington, 4 Desember 2016. Michelle Obama mengubah tatanan rambutnya menjadi long bob bergaya sleek. (REUTERS/Yuri Gripas)

Aktris Kerry Washington pun berbagi komentar serupa saat Obama menyatakan sumpahnya sebagai presiden. "Anda benar-benar merasakan tiga kata Konstitusi, 'We The People'. Itu merupakan saat pertama di hidup saya di mana saya benar-benar menjadi bagian dari 'We'(kami)," ujar dia.

Sementara itu aktor pemenang Oscar yang juga merupakan aktivis lingkungan Leonardo DiCaprio mengatakan, pembelaan Obama soal perubahan iklim saat di PBB merupakan hal yang menginspirasi.

"Ketika saya berada di PBB dan mendengar presiden kita mengatakan bahwa perubahan iklim adalah isu terpenting yang sedang dihadapi, tak hanya generasi sekarang namun juga masa depan, itu adalah hal yang menginspirasi," ujar pria yang akrab disapa Leo itu dalam video.

Aktor lain, Samuel L. Jackson, menyebut berlakunya asuransi kesehatan Affordable Care Act atau biasa disebut Obamacare merupakan momen paling membekas bagi dirinya.

Presiden AS Barack Obama sudah lama dikenal sebagai sosok yang bisa dekat dengan anak kecil.

"Momen ketika kami mendapat Affordable Care Act, karena saya memiliki kerabat yang tak bisa mendapatkan asuransi kesehatan. Jadi ini merupakan hal luar biasa untuk memastikan bahwa mereka akan mendapat perawatan jika terjadi sesuatu," ujar Jackson.

Selain selebritas yang telah disebutkan, aktor kenamaan Tom Hanks, presenter Ellen DeGeneres, dan pensiunan pemain Los Angeles Lakers Kobe Bryant juga tampil dalam video tersebut.

Seperti dikutip dari International Business Times, Senin (9/1/2017), video tersebut dirilis oleh Gedung Putih satu hari sebelum Obama menggelar pesta yang dihadiri oleh selebritas pada Jumat, 6 Januari 2017. Obama rencananya akan memberikan pidato resmi terakhirnya sebagai Presiden AS pada 10 Januari 2017 di Chicago.

Berikut video yang memperlihatkan momen-momen yang paling diingat sejumlah kalangan saat Obama menjabat sebagai Presiden AS:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.