Sukses

6 Januari: 2 Pemimpin AS Melabuhkan Cintanya pada Sang Kekasih

Pasangan George Washington dan Martha Dandridge Custis menikah sampai ajal memisahkan keduanya pada tahun 1799, sekitar 40 tahun.

Liputan6.com, Washington DC - Hari ini tercatat dalam sejarah sebagai momen berbahagia 2 presiden Amerika Serikat: George Washington dan George H.W. Bush. Keduanya melabuhkan cintanya kepada sang pujaan hati pada tanggal yang sama.

Cerita bahagia itu terjadi pada tahun 1759. George Washington yang kala itu berusia 26 tahun menikahi wanita bernama Martha Dandridge Custis. Saat itu sang pujaan hati, wanita berpendidikan kelahiran Virginia itu baru menjanda.

George Washington -- kala itu seorang perwira muda yang sedang 'naik daun' di Inggris -- memboyong pengantin dan keluarga kecilnya ke sebuah kediaman di Mount Vernon. Ia pun menjadi ayah bagi dua anak Martha, Jack dan Patsy.

Pasangan George Washington dan Martha Dandridge Custis menikah sampai ajal memisahkan keduanya pada tahun 1799, sekitar 40 tahun.

Menurut catatan sejarah yang dikutip dari History Channel, Martha bukanlah satu-satunya wanita yang pernah bersemayam di hati George Washington.

Hingga setahun sebelum pernikahannya dengan Martha, Washington jatuh hati kepada Sally Fairfax, istri temannya, George Fairfax. Ia kerap menulis surat cinta untuk pujaan hatinya itu.

Namun demikian, ia mengundurkan diri dari komisi militer Inggris untuk menikahi Martha, yang ia sebut sebagai partner agreable yang memiliki gaya hidup aristokrat.

Meskipun tak memiliki keturunan sendiri, Washington begitu memanjakan anak angkatnya dan menghormati pola pengasuhan Martha. Baginya Martha adalah pasangan setia, sering menyertai Washington ke markas selama Perang Revolusi.

George Washington dan Martha Custis. (FirstLadies.org)

Catatan sejarah pernikahan George dan Martha tak banyak diketahui khalayak, karena Martha membakar semua surat cinta mereka setelah kematian George, sesuai dengan keinginan sang suami.

Hampir dua ratus tahun kemudian, 6 Januari 1945, George Herbert Walker Bush, yang sudah mengantongi 'gelar' pahlawan Perang Dunia II, menikah dengan pujaan hatinya Barbara Pierce yang kala itu berusia 18 tahun.

Tak lama setelah bulan madu, Bush kembali untuk bertugas ke medan perang. Setelah itu ia menyelesaikan studinya di Yale dan memulai sebuah bisnis terkenal dan terjun ke karir politik, yang para puncaknya membawa ia ke dalam pemilihannya presiden pada tahun 1988.

Barbara Bush yang begitu mendukung karir politik suaminya, memiliki lima anak. Dua di antaranya menjadi orang ternama di negaranya.

Satu di antaranya presiden masa depan AS, George Walker Bush, dan gubernur Florida, Jeb Bush.

Pada tanggal yang sama tahun 1883, seorang pujangga lahir ke dunia. Ia adalah Kahlil Gibran.

Sementara pada 6 Januari 1942 merupakan momen saat Pan American Airlines menjadi maskapai komersial pertama yang melayani rute yang mengelilingi bumi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini