Sukses

Tenggelamnya Kapal Korsel Dibawa ke PBB

Korea Selatan membawa kasus tenggelamnya kapal Cheonan yang ditembak Korea Utara ke Dewan Keamanan PBB.

Liputan6.com, Seoul: Presiden Korea Selatan, Lee Myung Bak, menyatakan bahwa dirinya akan mengambil langkah guna menyikapi tenggelamnya salah satu kapal utama Korea Selatan ke Dewan Keamana PBB. Lee juga menambahakan bahwa negaranya akan mempertahankan diri jika Korea Utara melakukan tindakan agresi lagi. Sikap ini lebih lunak dari sebelumnya yang menyebutkan Korsel akan membalas serangan Korut terhadap tenggelamnya Kapal Cheon [baca: Korea Selatan Tuntut Tanggung Jawab Korea Utara].

Dalam pidatonya untuk memperingati perang di Seoul hari Senin (24/05), Lee berbicara mengenai tenggelamnya kapal Cheonan di laut kuning pada akhir Maret lalu. Lee menyebutnya sebagai provokasi militer oleh Utara dan menuntut permintaan maaf dan hukuman dari personil yang terlibat Korea Utara. Lee juga mendesak pemimpin Korea Utara Kim Jong Il untuk menghadapi kenyataan.(NHK/DES/AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.