Sukses

Kegagalan Amerika di Somalia Difilmkan

Kegagalan Amerika dalam melakukan misi perdamaian di Somalia dapat dilihat dalam film Black Hawk Down. Film ini adalah kisah nyata dan hasil investigasi wartawan surat kabar Philadelphia Inquirer Ridley Scott.

Liputan6.com, London: Pertunjukan perdana film Black Hawk Down berlangsung di Bioskop Empire, Leicester Square, London, Inggris, baru-baru ini. Film drama militer hasil kolaborasi produser Jerry Bruckheimer dan sutradara film Gladiator Mark Scott itu mengisahkan kegagalan militer Amerika di Somalia.

Jerry Bruckheimer mengatakan film yang berdasarkan novel hasil investigasi wartawan surat kabar Philadelphia Inquirer Ridley Scott itu benar-benar kisah nyata. Film ini tidak seperti Pearl Harbour yang fiktif tapi berseting peristiwa nyata.

Film yang dibintangi Josh Hartnett, Orlando Bloom, dan pasangan Nicole Kidman dalam Moulin Rouge Ewan McGregor, mengisahkan pasukan elite Amerika yang dikirim ke Somalia dalam misi perdamaian tahun 1993. Tugas mereka adalah menangkap pemimpin pemberontak Farah Aidid. Namun misi mereka berantakan saat Helikopter Black Hawk yang mereka tumpangi ditembak jatuh. Pengambilan gambar kebanyakan dilakukan di Maroko yang dinilai mempunyai banyak kesamaan dengan kota Mogadishu, Somalia.(YYT/Indri)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.