Sukses

Kota Kabul Akan Dijaga 1.500 Tentara Afghan

Pemerintah Afghan akan menyiagakan 1.500 tentaranya di Kota Kabul. Pasukan perdamaian asal Jerman akan berpatroli di Kota Kabul mulai Senin ini.

Liputan6.com, Kabul: Pemerintah Afghanistan akan menyiagakan 1.500 tentaranya di Kota Kabul. Demikian diutarakan Saleh Mohamad Regestani, seorang pejabat senior di Kementrian Pertahanan Afghanistan, baru-baru ini. Padahal, pemerintah Afghan sebelumnya telah membuat perjanjian dengan pasukan perdamaian internasional bahwa Kota Kabul harus terbebas dari tentara bersenjata.

Menurut Saleh, kebijakan itu tak akan menyalahi perjanjian karena ribuan pasukan tersebut tak akan disiagakan di dalam kota, melainkan di sekeliling Kota Kabul. Selain itu, tentara Afghan ini sedapat mungkin tak mempertontonkan senjata mereka. Sebelumnya, pemimpin baru Afghanistan Hamid Karzai telah menyetujui penarikan semua unit militernya dari Kota Kabul.

Namun, kurangnya personel keamanan seperti polisi menimbulkan masalah baru dan menyebabkan angka kriminalitas meningkat. Karena itu, aparat yang berwenang mengaktifkan kembali beberapa personelnya. Sementara itu, Komandan Kontingen Jerman untuk Afghan Jenderal Carl Hubertus von Butler mengatakan, pasukannya yang telah tiba di Kota Kabul, tiga hari silam, akan berpatroli di kota tersebut mulai Senin ini.(PIN/Indri)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.