Sukses

Belum Sembuh, Ratu Elizabeth Absen dalam Misa Tahun Baru

Ratu Elizabeth dilaporkan menderita flu berat. Sebelumnya, ia juga absen dalam Misa Natal.

Liputan6.com, London - Setelah sempat absen dalam Misa Natal, Ratu Elizabeth II juga tidak menghadiri Misa Tahun Baru yang dilaksanakan pada Minggu waktu setempat. Pihak kerajaan mengabarkan, kepala negara Britania Raya itu masih dalam proses pemulihan menyusul flu berat yang menyerangnya.

Pernyataan yang dirilis Istana Buckingham pada Minggu waktu setempat mengatakan, penguasa monarki Inggris (90) itu tidak akan menghadiri misa di Sandringham, Norfolk.

"Ratu merasa belum siap untuk pergi ke gereja mengingat ia masih dalam proses penyembuhan dari flu berat," tulis pernyataan tersebut seperti dilansir NBC News, Senin (2/1/2017).

Ratu Elizabeth dan suaminya, Pangeran Philip (95), jatuh sakit sebelum hari Natal. Ia pun terpaksa menunda liburannya dan membatalkan kehadirannya dalam kebaktian di Gereja St Mary Magdalene.

Meski demikian, Pangeran Philip tetap menghadiri dua momen tersebut, baik Misa Natal maupun Tahun Baru. Pada hari Minggu ia tiba di Gereja St Mary Magdalene dengan menumpangi mobil Range Rover.

Selain Pangeran Philip, sejumlah anggota keluarga kerajaan juga terlihat, seperti misalnya Putri Anne dan Pangeran Edward.

Kabar mengenai absennya Ratu Elizabeth II pada Misa Natal sempat mengejutkan publik mengingat peristiwa tersebut baru pertama kali terjadi dalam 30 tahun terakhir.

Sebelumnya, telah diumumkan bahwa Ratu Elizabeth akan mengurangi agenda internasionalnya. Namun nenek Pangeran William dan Harry itu masih akan melakukan tugasnya di dalam negeri.

Dan pada 20 Desember lalu juga disampaikan, Ratu Elizabeth akan mengundurkan diri sebagai patron dari 25 organisasi dan meneruskan tugas tersebut ke anggota keluarga kerajaan lainnya. Langkah tersebut diambil untuk mengurangi beban kerjanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.