Sukses

Top 3: Resolusi DK PBB Berujung pada Deklarasi Perang?

Liputan6.com, Jakarta - Israel kesal dengan lolosnya resolusi DK PBB yang mengutuk rencana pembangunan pemukiman Yahudi di Tepi Barat dan Yerusalem timur.

Hal tersebut berimbas dalam hubungan bilateral Israel dan Selandia Baru, salah satu negara yang menggagas lahirnya resolusi itu. PM Netanyahu dilaporkan sempat melayangkan ancaman terhadap Selandia.

Artikel terkait ancaman Israel inilah yang menarik perhatian para pembaca Liputan6.com pada Jumat (30/12/2016) sore.

Ada pula ramalan bencana pada 2017 yang menggunakan darah kering Santo Januarius atau yang juga dikenal sebagai San Gennaro. Ulasan ini pun menggugah rasa penasaran banyak orang.

Tragedi jatuhnya pesawat Tu 154 milik Rusia juga termasuk yang paling buru. Pilot pesawat nahas tersebut diketahui memiliki kata-kata terakhir .

Berikut Top 3 Global selengkapnya:

1. Resolusi DK PBB, Israel Layangkan Ancaman Perang ke Selandia Baru

PM Israel, Benjamin Netanyahu (Reuters)

Lolosnya resolusi Dewan Keamanan (DK) PBB yang mengecam pembangunan pemukiman Yahudi merupakan "pukulan telak" bagi Israel." Hubungan Israel dengan negara-negara yang menggagas lahirnya resolusi itu pun terancam, termasuk Selandia Baru.

Menurut laporan media lokal di Israel, Haaretz seperti yang dikutip The Guardian, Kamis 29 Desember 2016, jauh sebelum resolusi tersebut disahkan PM Netanyahu telah menelepon Menteri Luar Negeri Selandia Baru, Murray McCully.

"Ini adalah keputusan memalukan. Saya minta Anda tidak mendukungnya dan tidak mempromosikannya. Jika Anda melanjutkan promosi resolusi ini, maka dari sudut pandang kami itu adalah sebuah deklarasi perang. Ini akan memutuskan hubungan dan akan ada konsekuensi."

Selanjutnya...

2. Darah yang Kering Ini 'Pertanda' Bencana Akan Terjadi pada 2017?

Ritual kejaiban darah Santo Januarius atau yang juga dikenal sebagai San Gennaro (Reuters)

Sebuah ritual rutin dilakukan jelang pergantian tahun di Naples, Italia. Berawal dari 1389 atau 627 tahun lalu, darah Santo Januarius atau yang juga dikenal sebagai San Gennaro digunakan untuk 'meramalkan' apa yang terjadi pada masa depan: keberuntungan maupun bencana.

Santo Januarius adalah seorang uskup yang saleh, yang wafat sebagai martir sekitar tahun 305 Masehi, selama eksekusi yang dilakukan terhadap para pemeluk Kristiani oleh Kaisar Romawi Diocletian.

Legenda menyebut, setelah Gennaro dieksekusi penggal, seorang perempuan bernama Eusabia menyerap darah orang kudus tersebut dengan spons dan menyimpan cairan merah itu di dalam sebuah botol kaca.

Selanjutnya...

3. Kata-Kata Terakhir Pilot Pesawat Rusia: Kami Jatuh Komandan...

Pilot pesawat militer Rusia Tu-154, Roman Volkov

Kedua black box atau kotak hitam pesawat jatuh Rusia di Laut hitam sudah ditemukan. Benda berisi data penerbangan yang pertama ditemukan pada Selasa, 27 Desember 2016, sementara benda yang lainnya sehari setelahnya.

Dari hasil analisis rekaman data penerbangan di kokpit pesawat Tu-154, awak pesawat Rusia terdengar panik saat pesawat kehilangan kemampuan mempertahankan ketinggian. Tak lama setelah lepas landas dari Bandara Sochi, diduga kuat pilot berjuang untuk mengontrol flaperon.

Berdasarkan sebuah rekaman dari awak pesawat yang bocor ke media Rusia, suara alarm disebutkan terdengar saat jet itu tak mampu mempertahankan ketinggian sebelum menghantam Laut Hitam bersama 92 orang lain di dalamnya.

Selanjutnya...