Sukses

Ini 99 Hal Baik yang Terjadi Sepanjang 'Tahun Mematikan' 2016

Bagi sebagian orang tahun 2016 dianggap tahun paling mematikan, tapi ternyata ada 99 hal baik yang terjadi selama tahun ini. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - - Dalam media ada istilah, "bad news is a good news," berbondong-bondong para pembaca atau pemirsa akan larut dalam isu-isu yang dianggap ancaman bersama.

Namun, berita baik pun layak untuk dipublikasikan, tak sedikit orang tertarik untuk menikmati artikel atau tayangan tersebut.

Bagi sebagian orang tahun 2016 dianggap tahun paling mematikan. Serangkaian aksi terorisme di berbagai belahan dunia terjadi. Di mulai dari ledakan bom di bandara Brussel pada Maret lalu, diikuti dengan bom di bandara Ataturk Turki tak lama kemudian.

Belum lagi berita terpilihnya Donald Trump jadi presiden AS dalam pilpres yang kontroversial. Akhir tahun pun ditutup dengan kepiluan serangan truk maut di Berlin menjelang natal.

Oleh karenanya, ada baiknya jika merefleksi berita baik apa sepanjang tahun 2016. Baik pemberitaan tentang alam, perubahan iklim hingga politik.

Dari sekian banyaknya berita bagus, ada 99 hal baik yang terjadi di tahun 2016.

Liputan6.com mengelompokan ada 8 segmen tentang apa yang terjadi di belahan dunia yang membawa angin positif menuju 2017. Berikut daftarnya seperti dikutip dari qz.com dan berbagai sumber pada Kamis (29/12/2016):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Upaya Penyelamatan Bumi


1. British Columbia di Kanada sukses melindungi 85 persen hutan tadah hujan terbesar di dunia. Rumah bagi hewan yang disebut 'Spirit Bear'.

2. Pada Februari, Peru dan Bolivia menandatangani kerja sama senilai US$ 500 juta untuk melindungi Danau Titicaca.

3. Di bulan Maret, pemerintah AS menghentikan rencana pengeboran perairan Atlantik.

10 Negara dengan Kawasan Hutan atau Tanah Terbesar, Indonesia?4. Setelah hampir 13 tahun melalui perundingan yang sulit, Malaysia mendirikan sebuah taman laut seluas 1 juta hektar yang merupakan pelopor pendekatan  untuk konservasi laut.

5. Pada tahun 2016, lebih dari 20 negara menjanjikan lebih dari $ 5,3 juta untuk konservasi laut dan menciptakan 40 cagar alam laut baru seluas 3,4 juta km persegi.

6. Cadangan laut terbesar di dunia, di lepas pantai Antartika memegang rekor baru.

7. Penelitian baru menunjukkan bahwa polusi asam di atmosfer sekarang hampir kembali ke tingkat  sebelum dimulainya industrialisasi di tahun 1930-an.

8. Pada tahun 2012, AS dan Meksiko memulai sebuah proyek national yang belum pernah terjadi sebelumnya yaitu  menghidupkan kembali Sungai Colorado. Pada tahun 2016, hasil dari kerja sama itu mengejutkan  semua orang.

9. Pada bulan November, pemerintahan Obama menindaklanjuti pengumuman Maret terkait larangan eksplorasi lepas pantai dan pengeboran minyak dan gas di Kutub Utara sampai 2022.

3 dari 9 halaman

Manusia Kian Sehat

10. Organisasi  Kesehatan Dunia atau WHO merilis sebuah laporan yang menunjukkan bahwa, sejak tahun 2000, kematian akibat malaria global yang telah menurun sebanyak 60 persen.

11. Pada 2016, beberapa penyakit terbesar di dunia, seperti kanker usus besar, demensia, dan penyakit jantung, mulai menurun di negara-negara kaya.

12. Sebuah studi baru dari jurnal kesehatan terkemuka di dunia melaporkan bahwa jumlah perempuan yang meninggal dari kehamilan dan persalinan telah hampir setengahnya sejak tahun 1990.

13. Bukti baru menunjukkan bahwa larangan merokok di tempat umum telah meningkatkan kesehatan di 21 negara.

14. Uruguay memenangkan kasus besar terhadap Philip Morris dalam putusan Bank Dunia, menetapkan preseden bagi negara-negara kecil lain yang ingin mencegah penggunaan tembakau.

15. Malawi mencapai pengurangan 67 persen dalam jumlah anak yang tertular HIV, kisah sukses terbesar di semua negara sub-Sahara. Sejak 2006, mereka telah menyelamatkan 260.000 jiwa.

16. Tingkat kematian anak turun sebesar 12% di Rusia.

17. Harapan hidup di Afrika telah meningkat 9,4 tahun sejak tahun 2000, berkat perbaikan dalam kelangsungan hidup anak, kemajuan dalam pengendalian malaria, dan memperluas akses terhadap obat HIV ARV.

Vaksin Ebola selesai diujicoba di Afrika Barat (Foto: The Guardian)

18. Ada terobosan signifikan dalam memerangi rabies, penyakit yang membunuh lebih banyak orang setiap tahun dari semua gabungan serangan terorisme.

19. Thailand menjadi negara pertama di kawasan Asia-Pasifik yang berhasil menghilangkan penularan HIV ibu ke anak, serta sifilis.

20. Ilmuwan Harvard menciptakan sebuah platform baru untuk penemuan antibiotik yang dapat membantu mengatasi krisis resistensi antibiotik.

21. Liberia resmi bebas dari Ebola, yang berarti sekarang tidak ada kasus yang tersisa penyakit yang disebabkan virus tropis mematikan Afrika Barat.

22. WHO mengumumkan bahwa campak telah diberantas di seluruh Amerika, dari Kanada ke Chile. Ini pertama kalinya penyakit telah dieliminasi dari seluruh wilayah dunia.

23. Proporsi orang dewasa AS yang lebih tua dengan demensia, termasuk Alzheimer, menurun dari 11,6 persen pada tahun 2000 menjadi 8,8 persen  pada tahun 2012, penurunan sekitar satu juta orang.

24. Jumlah perokok di AS telah turun 8,6 juta sejak tahun 2005. Hal itu karena dipercepat oleh meroketnya pajak tembakau di California.

 

4 dari 9 halaman

Kemajuan Ekonomi dan Politik

25. Pada 2016, untuk pertama kalinya, jumlah uang yang dibutuhkan untuk mengakhiri kemiskinan turun di bawah jumlah uang yang dihabiskan pada bantuan asing.

26. Kelaparan global  mencapai titik terendah dalam 25 tahun.

27. Pada bulan Februari, Ontario mengumumkan inisiatif US$ 100 juta untuk melawan kekerasan terhadap perempuan pribumi.

28. Myanmar memilih pemimpin sipil pertama setelah lebih dari 50 tahun.

29. Tingkat kriminalitas di kalangan keturunan Afrika turun di Amerika Serikat. Tidak cukup cepat, tapi sesuatu yang layak untuk dirayakan.

30. Pada tahun 1990, lebih dari 60 persen dari orang di Asia Timur hidup dalam kemiskinan ekstrem. Pada tahun 2016, proporsi itu telah turun sebesar 3,5 persen.

31. Tunawisma di Amerika Serikat menurun 35 persen sejak tahun 2007, dan Los Angeles berkomitmen menggelontorkan dana US$ 1,2 milyar untuk membantu lebih banyak orang yang tinggal di jalanan.

32. Taiwan di ambang menjadi negara Asia pertama yang melegalkan pernikahan sesama jenis -- yang menjadi kabar baik bagi aktivis dan pendukung kesetaraan hak. 

33. Gambia dan Tanzania melarang perkawinan anak, berkat lobi berkelanjutan oleh kelompok-kelompok masyarakat sipil.

34. Pada bulan Juni, setelah bertahun-tahun perdebatan, mutilasi vagina di Afrika dilarang Hal ini adalah  terobosan besar, ketika Parlemen Pan Afrika mendukung larangan itu ke seluruh benua Hitam itu.

35. Jerman mengambil tindakan keras terhadap budaya perkosaan di kalangan imigran, memperkenalkan hukum untuk memperluas definisi kejahatan seks dengan.

36. Dua minggu sebelum Brexit, Uni Afrika mengumumkan paspor Afrika single baru yang memungkinkan pemegang untuk bisa masuk ke salah satu dari 54 negara anggota Uni Afrika tanpa visa.

Odai Abu Matrouq (13) menyelesaikan pekerjaannya di sebuah bengkel di Rafah, Selatan Jalur Gaza, 21 November 2016. Akibat perang, kurang lebih setengah dari penduduk Gaza yang  berjumlah 1,9 juta jiwa hidup di bawah garis kemiskinan. (SAID KHATIB/AFP)37. Amerika Serikat memberikan makan siang sehat untuk lebih dari 30 juta anak-anak,  melarang trans fats. Semua yang diatur dalam undang-undang hal itu menjadi terobosan terbesar AS dalam hal nutrisi.

38. Italia menjadi negara besar Barat terakhir yang mengakui pernikahan sesama jenis pada tahun 2016, setelah pertempuran panjang dari para aktivis di Negara Pasta itu.

39. Denmark menjadi negara pertama yang tidak lagi menentukan transgender sebagai penyakit mental, dan Kanada mengumumkan larangan diskriminasi transgender.

40. 2016 menandai tahun ke-24 berturut-turut bahwa tingkat kehamilan remaja menurun di Inggris dan Amerika Serikat.

41. Pada bulan Desember, Gambia menjadi negara Afrika terbaru bahwa pemilu adalah penting dan diktator tak lagi populer.

5 dari 9 halaman

Perubahan Iklim Dianggap Serius

42. Perjanjian Paris menjadi yang tercepat (dan terbesar) dalam sejarah perjanjian PBB untuk kesepakatan hukum internasional dalam sejarah modern.

43. Emisi karbon global dari pembakaran bahan bakar fosil tidak tumbuh sama sekali pada tahun 2016. Ini adalah tahun ketiga berturut-turut emisi tak bertambah.

44. Berkat inovasi teknologi yang cepat dan dukungan politik dari seluruh dunia, energi terbarukan sekarang paling dicari oleh pemakai.

45. Pemerintah China menempatkan larangan tambang batu bara baru, demi target energi terbarukan untuk 2020.

46. ​​India mengumumkan tidak akan membutuhkan pusat tenaga batubara baru untuk tiga tahun ke depan.

47. Pada bulan April, Chatham House merilis sebuah laporan yang menyebut 'Big Oil is screwed' yang menyebut perusahaan-perusahaan minyak besar wajib melakukan perubahan jika tak ingin mati.

48. Pada bulan yang sama, 25% dari negara-negara Eropa mengumumkan bahwa mereka telah menghentikan ketergantungan pada batubara.

49. BRICS New Development Bank menyetujui US$ 1 miliar dalam investasi energi terbarukan di China, Brasil, Afrika Selatan, dan India.

50. Pada 2016 Costa Rika fokus hanya pada energi terbarukan selama lebih dari 100 hari. Dengan tujuan untuk bertahan satu tahun tanpa bahan bakar fosil.

51. Pada bulan Juli, AS, Meksiko, dan Kanada berkomitmen untuk menciptakan 50% dari listrik mereka dari energi terbarukan pada tahun 2025. Perubahan iklim membuat terjadinya erosi pantai di kepulaun ini sehingga menyebabkan beberapa dari daratan itu tenggelam (News.com.au).

52. Sebuah laporan baru menunjukkan bahwa China telah mencapai puncak konsumsi batubara pada tahun 2014.

53. China memasang lebih dari 20 Giga Watt energi dari matahari pada semester pertama tahun 2016, tiga kali lebih banyak dari pada periode yang sama tahun lalu.

54. Pada bulan Oktober, Badan Energi Internasional melaporkan bahwa setengah juta panel surya dipasang setiap hari di seluruh dunia pada tahun 2015. Hal ini juga meningkat drastis proyeksi pertumbuhan lima tahun untuk energi terbarukan.

55. Pada bulan yang sama, 197 negara sepakat untuk secara drastis mengurangi penggunaan HFC, dan Organisasi Penerbangan Sipil Internasional setuju langkah-langkah untuk memerangi dampak emisi gas rumah kaca yang ditimbulkan kegiatan penerbangan. 
 
56. Pusat tenaga angin terbesar di dunia dibuat.

57. Meksiko mengumumkan investasi US$ 6 miliar untuk energi terbarukan, Argentina US$ 2,7 miliar sementara Skotlandia terhubung turbin di bawah air untuk pertama kalinya, dan tenaga surya yang dihasilkan lebih banyak kekuatannya daripada batubara di Inggris.

58. Pada bulan November, India meluncurkan pembangkit surya-XPower terbesar di dunia, dan mengungkapkan niatnya menjadi konsumen energi surya terbesar ketiga di dunia pada tahun 2017.

59. Dan pada bulan yang sama, Inggris setuju untuk mengakhiri penggunaan batubara pada tahun 2025, Prancis mengatakan akan sampai di sana pada 2023, dan Jerman berjanji untuk mengurangi emisi sebesar 95 persen pada tahun 2050.

6 dari 9 halaman

Kekejaman di Dunia Berkurang

60. Setelah konflik di Kolombia berakhir pada tahun 2016, semua perang kini hanya melibatkan kurang dari seperenam dari populasi dunia.

61. ISIS diam-diam mulai mempersiapkan pengikutnya untuk mengakhiri impian kekhalifahan. Ditandai dengan kebangkrutan organisasi teror itu.

62. Pada bulan April, sebuah laporan baru mengungkapkan bahwa untuk pertama kalinya, hukuman mati telah menjadi ilegal di lebih dari setengah dari negara-negara di dunia.

Asap mengepul dari bangunan di kawasan tenggara Aleppo al-Zabdiya, Suriah (14/12). Keadaan di Aleppo menjadi porak poranda akibat perang yang berkepanjangan. (AFP PHOTO / Stringer)
63. Juarez, di Meksiko, disebut sebagai  kota paling berbahaya di dunia. Pada tahun 2016, kejahatan turun dan warga mulai kehilangan rasa takut mereka.

64. Angka kejahatan di Belanda anjlok, dengan jumlah 25 persen menyusut  dalam delapan tahun terakhir. Sepertiga dari sel penjara negara itu kini kosong.

65. Tiga tahun lalu Honduras adalah tempat yang paling berbahaya di Bumi. Sejak itu kejahatan telah berkurang secara signifikan. 

66. Sebagian besar walikota AS, pada tahun 2016 merayakan tahun keuntungan positif di kota-kota yang mereka pimpin.

7 dari 9 halaman

Harapan Bagi Ekonomi Dunia

67. Ilmu pengetahuan yang bermanfaat dan prinsip ekonomi sederhana sudah mulai diterapkan di Amerika Serikat.

68. Norwegia menjadi negara pertama di dunia yang berkomitmen untuk nol deforestasi.

69. Pada bulan Juni, sebuah survei baru menunjukkan bahwa lubang ozon telah menyusut lebih dari 3,9 juta kilometer persegi sejak tahun 2006. Para ilmuwan sekarang berpikir sekarang akan sepenuhnya sembuh pada tahun 2050.

70. Pada bulan Juli, lebih dari 800.000 relawan di India menanam 50 juta pohon dalam satu hari. Negara ini berencana penghijauan sebesar 12 persen dari lahannya.

71. Kemudian bulan itu, Israel mengungkapkan mereka menghasilkan peningkatan air bersih sebanyak 55 persen. Itu berarti bahwa salah satu negara paling kering di Bumi sekarang memiliki lebih banyak air daripada yang dibutuhkan.

72. McDonalds mengumumkan akan menghapus sirup jagung dari roti hamburger, juga antibiotik pada ayam mereka lebih cepat dari jadwal.

73. Pada bulan Agustus, setiap toko kelontong dan makanan cepat saji di AS telah berjanji untuk hanya menggunakan telur dari ayam yang tak dikurung pada tahun 2025.



74. Rata-rata jumlah tumpahan minyak besar di seluruh dunia telah berkurang drastis, dari rata-rata 24,5 per tahun pada tahun 1970 kini menjadi hanya 1,8 tahun di 2015.

75. Warga Mumbai melakukan pembersihan pantai terbesar dalam sejarah manusia, menghapus lebih dari 4.000 ton sampah.

76. Penggunaan tas plastik anjlok di Inggris berkat pengenalan biaya 5 penny tiap kantongnya  pada tahun 2015.

77. Pemerintah Italia sangat mendukung satu set baru hukum yang bertujuan mengurangi jumlah besar makanan yang terbuang di negara itu setiap tahunnya.

78. Pada bulan Desember, empat kota terbesar di dunia, Paris, Madrid, Athena, dan Mexico City, sepakat untuk melarang mobil diesel dari pusat-pusat kota mereka.

8 dari 9 halaman

Hewan yang Nyaris Punah Dapat Perhatian

79. Pada tahun ini konferensi CITES mengatakan bahwa 183 negara sepakat untuk perlindungan untuk hewan yang terancam punah, dengan manfaat besar untuk burung beo, badak, Pesut, pari, dan gajah.


80. Pada bulan Februari, US Fish and Wildlife Service mengumumkan bahwa populasi manatee secara global tidak lagi terancam.

Hewan-hewan liar kembali berkeliaran di Chernobyl (foto oleh Tatyana Deryabina)

81. Serigala liar mulai datang kembali ke Eropa, dan untuk pertama kalinya sejak Revolusi Amerika, salmon liar mulai berenang di Sungai Connecticut.

82. Pada bulan Maret, beruang grizzly di Yellowstone menciptakan tonggak sejarah, dengan kembali ke asalnya.

83. Lima puluh tahun yang lalu,  populasi rusa ekor putih di Columbia hanya  450 hewan. Tahun ini, Fish and Wildlife Service menghapusnya dari daftar hewan terancam punah.

84. Penyu Hijau di Florida dan Meksiko dihapus dari daftar terancam punah.

85. Sea World sepakat untuk menghentikan perkembangbiakan paus pembunuh.

86. Paus Bungkuk telah dihapus dari daftar spesies yang terancam punah, setelah pulih sepenuhnya dalam 46 tahun terakhir.

87. AS selesaikan peraturan baru untuk menutup perdagangan gading gajah komersial  dalam perbatasannya dan menghentikan kejahatan satwa liar di luar negeri.

88. Mongolia menciptakan salah satu kawasan hutan lindung terbesar di dunia untuk macan tutul salju.

89. Pada bulan September, panda raksasa menjadi spesies terbaru yang dihapus dari daftar terancam punah.

90. Dan pada tahun 2016, untuk pertama kalinya, jumlah harimau di alam liar naik untuk pertama kalinya dalam 100 tahun.

9 dari 9 halaman

Dunia Lebih Murah Hati

91. Pada awal tahun, pengeluaran global pada bantuan dan pengembangan meningkat 7%, dan belanja untuk pengungsi naik dua kali lipat.

92. Pada bulan April, Pony Ma Huateng, kepala eksekutif raksasa internet China Tencent, menyumbangkan US$ 2 miliar untuk amal.

93. 2015 adalah tahun paling dermawan oleh warga AS, dengan sumbangan amal dari individu, perkebunan, yayasan, dan perusahaan mencapai rekor tertinggi. Pada 2016 meningkat jauh lebih besar.

94. Pada 2016, sumbangan amal dari China naik menjadi US$ 15 miliar, meningkat 10 kali lipat dari hanya satu dekade lalu.

95. Penggalangan dana online crowdfunding mengumpulkan hampir US$ 1 juta untuk anak-anak di  Alton Sterling dan Philando Castile agar mereka bisa menuntut ilmu ke perguruan tinggi.

96. Warren Buffett memberi US$ 2,9 miliar untuk amal, lagi. Dan anaknya, seorang petani dan ahli lingkungan, diam-diam terus menghabiskan warisan senilai miliar dolarnya pada upaya pertanian berkelanjutan dan pemberantasan kelaparan.

97. Gates Foundation mengumumkan amal sebesar US$ 5 miliar untuk Afrika. Mereka juga memperlihatkan video tentang malaria yang makin berkurang.

98. Jerman membuka pintu bagi tambahan 300.000 pengungsi pada tahun 2016, meskipun kekhawatiran tentang disintegrasi dan reaksi dari sayap populis meningkat.

99. Di Kanada, sejumlahw warga mengangkat pengungsi Suriah sebagai anggota keluarga -- tak hanya satu tapi sekeluarga sekaligus.


 


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini