Sukses

Topan Ului Terjang Australia, Badai Pasir Kotori Cina

Terjangan topan siklon Ului yang menghantam pantai timur laut Australia mengakibatkan sejumlah kerusakan di negara bagian Queensland. Sementara badai pasir mulai menggangu aktivitas warga Beijing dan lalu lintas penerbangan.

Liputan6.com, Queensland: Gelombang pasang disertai angin kencang menghantam sejumlah kapal di Pantai Airlie, Queensland, Australia. Terjangan topan Ului kali ini mencapai kategori tiga yang menimbulkam pusaran angin berkecepatan 200 kilometer per jam.

Hingga Senin (22/3), belum ada laporan korban jiwa. Kuatnya badai menumbangkan sejumlah pepohonan yang jatuh menimpa tiang dan kabel listrik hingga mengakibatkan aliran setrum ke ribuan rumah terputus. Ratusan rumah warga, sarana umum, serta sejumlah kapal rusak akibat badai. Topan Ului dilaporkan juga melanda daerah tujuan wisata di Great Barrier Reef hingga memaksa ribuan wisatawan asing dievakuasi.

Sementara itu, penyebaran badai pasir beberapa hari terakhir di Cina Utara masih terus mengotori langit Beijing. Serpihan pasir halus ini berasal dari gurun pasir di Cina yang tersapu angin kencang. Warga harus menggunakan masker maupun kacamata guna menghindari sapuan pasir. Badai ini turut menyebabkan berkurangnya jarak pandang hingga membuat para pengendara berhati-hati melintas di jalan. Sementara sejumlah penerbangan ke luar negeri terpaksa dibatalkan.

Badan Cuaca Beijing menyatakan akibat badai pasir terkuat pada tahun ini, kualitas udara berada di level sangat buruk dan berbahaya bagi kesehatan manusia.(YNI)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini