Sukses

Teror Truk Maut Jerman Tak Ganggu Suasana Pasar Natal di Austria

Pengunjung terlihat cukup antusias untuk mencari jajanan dan pernak-pernik khas Natal Austria di pasar itu.

Liputan6.com, Wina - Aksi teror yang terjadi di ibu kota Jerman, Berlin belum lama ini, tidak merambat hingga ke negara tetangga. Di ibu kota Austria, negara yang menggunakan bahasa Jerman sebagai bahasa nasional, perayaan Natal 2016 berlangsung tenang dan damai.

Pada 25 Desember 2016, Liputan6.com mengunjungi Christkindlmarkt atau Pasar Natal di Rathaus (Balaikota) pusat kota Wina. Christkindlmarkt menjadi ciri khas Natal dan musim dingin di Austria dan juga Jerman yang sudah sejak pertengahan tahun 1310.

Di Pasar Natal ini, para pengunjung bisa menikmati jajanan khas hingga pernak-pernik kerajinan tangan asli Austria.

Christkindlmarkt tidak hanya ada di pusat kota atau tempat-tempat yang menjadi destinasi turis mancanegara, di lokasi hingga tingkat kelurahan atau pun distrik pasti terdapat Pasar Natal. Namun khusus di Rathaus, jumlah kios yang menjajakan kuliner dan pernak-pernik Natal terhitung terbanyak.

Pantauan Liputan6.com, ada sedikitnya 250 kios yang berdiri di pelataran Rathaus kota Wina. Jumlah ini merupakan yang terbesar di Austria. Luasnya pun dapat menampung ribuan pengunjung.

Tidak hanya penduduk setempat yang ramai mengunjungi tempat itu, wisatawan asing pun tak ketinggalan untuk datang ke Pasar Natal yang terletak tidak jauh dari gedung Parlemen dan kantor Kepresidenan Austria tersebut.

Tak Terpengaruh Teror

Malam itu, Christkindlmarkt di Rathaus terasa begitu tenang dan damai. Tidak ada rasa takut terpancar dari raut wajah ratusan pengunjung yang datang ke lokasi itu.

Meski belakangan ada teror di Pasar Natal Berlin Jerman yang menewaskan 12 orang, sama sekali tak terlihat kecemasan dari gerak tubuh mereka. Bahkan, penjagaan di tempat yang menjadi kantor walikota Wina itu begitu lengang. Hanya ada satu mobil polisi yang terpakir di depan halaman Christkindlmarkt.

Pengunjung juga terlihat cukup antusias untuk mencari jajanan dan pernak-pernik khas Natal Austria. Dari ratusan kios yang tersebar di halaman depan Rathaus, kios kuliner yang paling banyak diincar pengunjung.

Kuliner yang disajikan di Christkindlmarkt pun cukup beragam. Mulai makanan berat seperti roti dan sup daging, hingga cemilan seperti kue-kue hingga coklat.

Untuk anak-anak, ada juga jajanan manisan dan gula-gula yang bisa membuat si buah hati tenang. Selain kuliner, pernak-pernik Natal di Christkindlmarkt juga menawarkan kerajinan tangan seperti lilin khas Natal, pahatan kayu, ukiran bola kaca, hingga tenunan pakaian hangat untuk musim dingin.

Soal harga, ratusan kios-kios yang berjualan di Christkindlmarkt Rathaus boleh dibilang sedikit lebih mahal dari harga-harga normal. Namun, kualitas dagangan yang dijual lebih baik daripada Christkindlmarkt di wilayah lain.

"Makanannya enak. Saya juga suka dengan minuman-minuman khas musim dingin di sini," ucap seorang turis asal Tiongkok yang tengah menyantap kue dan coklat dari sebuah kios Pasar Natal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini