Sukses

Guncangan Gempa di Indonesia Timur Terasa Kuat hingga Australia

Gempa dengan kekuatan 6,6 skala Richter di Maluku membuat pohon Natal dan sofa warga Australia bergerak sendiri.

Liputan6.com, Darwin - Gempa dengan kekuatan 6,6 skala Richter terjadi di Maluku pada Rabu (21/12/2016) pukul 07.17 WIB. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengabarkan, lindu yang berpusat di 184 km timur laut Maluku Barat Daya terjadi pada kedalaman 173 kilometer.

Guncangan ternyata tak hanya dirasakan warga Kabupaten Maluku Tenggara Barat Daya, namun bahkan hingga Australia.

Warga Darwin merasakan guncangan relatif kuat. Sejumlah netizen mengabadikan pohon Natal yang bergoyang atau rak yang tampak bergerak-gerak sendiri.

Badan pengawas gempa Negeri Kanguru atau Geoscience Australia Earthquakes mengatakan, gempa terjadi pada kedalaman 180 km di Laut Banda, lepas pantai timur Indonesia sekitar pukul 11.17 waktu setempat.

Sementara, Joint Australian Tsunami Warning Centre mengatakan, tak ada ancaman tsunami akibat gempa.

"Kami ada di lantai tiga dan merasakan guncangan," kata staf Biro Meteorologi Darwin, Chris Kent, seperti dikutip dari 9News.com.au.

Ia menambahkan, lindu berlangsung dalam beberapa menit.

Sejumlah netizen juga mengungkapkan pengalamannya saat gempa. "Kupikir seseorang menggoyang sofa yang kududuki, tapi tak ada siapapun. Pohon Natal dan televisi juga bergetar," kata seorang pengguna Facebook.

"Ini mungkin getaran paling kuat yang pernah kurasakan di Darwin dalam kurun waktu 30 tahun. Yikes!," tulis lainnya.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPN) mengatakan, warga di barat daya Maluku juga merasakan gempa tersebut, namun belum ada laporan kerusakan dan korban jiwa.

Indonesia adalah negara langganan gempa dan erupsi gunung berapi berkat posisinya yang berada di Cincin Api Pasifik atau Ring of Fire, di mana lempeng tektonik saling bertemu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Australia

Video Terkini