Sukses

Dunia pun Bertanya, Apa Gerangan 'Om Telolet Om'?

Berbekal karton bekas kardus pembungkus makanan yang kemudian dituliskan 'Om Telolet Om', anak-anak itu berdiri di pinggir jalan.

Liputan6.com, Jakarta - Bahagia itu sederhana, seperti yang dialami anak-anak asal Jepara ini. Tanpa perlu mengeluarkan dana, mereka bisa mendapatkan kebahagiaan dari suara klakson bus antar kota antar provinsi yang melintas di sana.

Berbekal karton bekas kardus pembungkus makanan yang kemudian dituliskan 'Om Telolet', anak-anak itu berdiri di pinggir jalan.

"Om telolet om," teriak mereka antusias seraya merajuk kepada para sopir bus untuk membunyikan klakson ketika melintas.

"Yeiy, hore...," sorak anak-anak lain begitu gembira mendengar suara klakson tersebut.

Kegembiraan yang didapat secara murah meriah tersebut ternyata tak hanya ramai menjadi perbincangan di Tanah Air, tapi juga di disorot dunia. Bukan saja dibicarakan oleh masyarakat biasa di benua lain, beberapa seleb internasional juga turut meramaikan kicauan fenomena unik itu.

Hashtag #OmTeloletOm pun mendadak ramai di dunia maya.

Pertanyaan tentang apa itu #OmTeloletOm mulai ramai sekitar tengah hari pada Selasa, 20 Desember 2016 waktu setempat.

"Apakah skema pemasaran yang aneh musik festival baru? Apakah judul ID lagu? Apa yang sedang terjadi? Ungkapan misterius bahkan membuat jalan ke posting misterius di forum Reddit, r/trap dan r/EDM dan tak ada penjelasan.

Dilansir dari Billboard.com, Rabu (21/12/2016), selebritas dari kalangan DJ seperti Zedd pun berkomentar terkait fenomena itu. Pun salah satu grup musik yang tengah naik daun, The Chainsmokers.

"What is Om Telolet Om?," kicau DJ @MartinGarrix

"What does om telolet om mean?," posting akun @TheChainsmoker.

Sementara itu akun DJ Belanda @OliverHeldens menimpalinya. "What is 'Om Telolet Om'? When I read it I think of omelet/eggs," tulisnya.

Mengapa semua DJ ikut memposting tweet 'Om Telolet Om' itu diduga karena postingan langsung yang mengaitkan akun media sosial sang DJ. Lalu kicauan itu di-reposting.

Sejatinya, "telolet" adalah onomatopoeia dari bus kota Indonesia. Anak-anak di Indonesia, khususnya Jepara begitu terpesona dengan hal itu. Lalu hal itu booming seperti meme yang tengah trending belakangan ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.